3 Cara Supaya Kamu Bisa Bicara di Depan Umum dengan Baik

  • Whatsapp

Jakarta: Berbicara di depan umum bukanlah hal mudah. Dibutuhkan keberanian dan pemahaman materi agar kamu bisa tampil dengan maksimal. Tak hanya itu, masih ada faktor-faktor lain yang berperan dalam keberhasilanmu saat berbicara di depan umum.

Berikut tiga cara agar kamu bisa bicara di depan umum dengan baik yang dikutip dari Mind Tools.
 

1. Rencanakan dengan tepat

Pertama, pastikan kamu merencanakan komunikasi dengan tepat. Gunakan alat seperti Segitiga Retoris, Urutan Motivasi Monroe atau alat komunikasi lainnya untuk memikirkan bagaimana kamu akan menyusun apa yang akan kamu katakan.

Misalnya, kamu dapat memulai dengan statistik, tajuk utama, atau fakta menarik yang berkaitan dengan apa yang kamu bicarakan supaya audiens bisa tertarik untuk melihat kamu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan cerita sebagai pembuka yang ampuh.

Perencanaan semacam ini membantu kamu untuk berpikir sendiri. Hal ini sangat penting untuk sesi tanya jawab yang tidak terduga atau komunikasi di menit-menit terakhir.

bicara
(Jangan ragu untuk berlatih sebelum hari H. Ini agar kamu lebih lancar. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Latihan

Ada alasan bagus mengapa orang sering bilang bahwa latihan akan membuat sempurna. Perlu diketahui bahwa kamu tidak bisa menjadi pembicara yang percaya diri dan meyakinkan tanpa latihan.

Untuk berlatih, carilah kesempatan untuk berbicara di depan orang lain. Atau Jika kamu akan menyampaikan presentasi atau pidato yang sudah disiapkan, buatlah sedini mungkin. Semakin awal kamu menggabungkannya, semakin banyak waktu yang kamu miliki untuk berlatih.

Berlatihlah berkali-kali sendirian, gunakan sumber daya yang akan kamu andalkan di acara tersebut, dan saat kamu berlatih, sesuaikan kata-kata kamu hingga mengalir dengan lancar dan mudah.
 

3. Berpikir positif

Berpikir positif dapat membuat perbedaan besar bagi keberhasilan komunikasi kamu karena pikiran ini membantu kamu merasa lebih percaya diri.

Gunakan afirmasi dan visualisasi untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu. Ini sangat penting untuk dilakukan tepat sebelum pidato atau presentasi kamu.

Visualisasikan dirimu memberikan presentasi yang sukses, dan bayangkan bagaimana perasaan kamu setelah selesai dan ketika kamu telah membuat perbedaan positif bagi orang lain. 

Gunakan afirmasi positif seperti “Saya bersyukur saya memiliki kesempatan untuk membantu audiens saya” atau “Saya akan melakukannya dengan baik!” Nah, enggak sulit kan? Jadi, selamat mencoba ya!

(TIN)

Pos terkait