3 inovasi baru Gojek, motor listrik hingga GoTransit KRL

  • Whatsapp

Gojek memperkenalkan inovasi barunya di tiga layanan utama, yakni pesan-antar makanan, transportasi dan logistik.

Gojek memperkenalkan inovasi barunya di tiga layanan utama, yakni pesan-antar makanan, transportasi dan logistik. Hal ini dilakukan sekaligus merayakan hari ulang tahun perusahaan yang kini berusia 11 tahun. Co-Founder dan CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, perusahaannya akan terus menghadirkan inovasi dan teknologi terbaru untuk menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan sehari-hari masyarakat. 

“Melalui inovasi, kami bisa terus mempermudah keseharian hidup masyarakat termasuk mendukung mitra driver dan usaha kami, khususnya pelaku UMKM untuk terus tumbuh meski di tengah pandemi,” kata Kevin dalam jumpa pers virtual, Rabu (27/10).

Fitur yang pertama hadir di layanan pesan-antar makanan yaitu GoFood Plus. Ini merupakan paket berlangganan potongan harga langsung untuk bisa bebas menikmati beragam kuliner dengan harga terjangkau, termasuk diskon ongkos kirim. Tahun ini GoFood mencatat pertumbuhan yang cepat, dibuktikan dengan kenaikan pelanggan GoFood Plus yang naik 5x lipat dari Januari-Juni 2021.

Sementara fitur Order Sekaligus memudahkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus dalam satu lokasi. Penggunaan fitur ini disebut meningkat 8x lipat sejak diperkenalkan pada September 2020. 

Fitur yang kedua hadir di layanan transportasi, dimana Gojek memperluas rencana pemanfaatan kendaraan listrik melalui uji coba komersial. Dalam upaya ini, Gojek bekerja sama dengan Pertamina untuk penerapan skema battery swap yang akan menjadi bahan bakar kendaran motor listrik dari Gesit dan Gogoro nantinya.

Pada tahap ini, Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan. Selanjutnya Gojek akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5.000 unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan kendaraan listrik sebanyak  satu juta kilometer.

Dalam uji coba komersial ini, para pengguna Gojek akan dapat memilih layanan kendaraan listrik pada saat menggunakan layanan GoRide, GoFood, GoSend Instant, GoShop, dan GoMart dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan.

Inovasi terbaru yang lain pada layanan transportasi yaitu GoTransit. Gojek bersama PT Kereta Commuter Indonesia menjalin kerja sama dalam mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan transport on-demand seperti GoRide dan GoCar. 

Inovasi selanjutnya hadir untuk layanan Logistik, Gojek mengembangkan GoSend API (integration application interface), yang mengintegrasikan layanan GoSend dengan platform mitra bisnis sehingga menghadirkan layanan pengiriman yang handal, cepat, dan mudah.

GoSend juga akan segera meluncurkan fitur GoSend Multidrop yang memberi kesempatan bagi para pengguna untuk mengirim beberapa paket sekaligus dengan hanya sekali ambil. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengatur paket mana yang harus dikirimkan terlebih dahulu.

“Agar ongkos kirim lebih hemat sampai dengan 30 persen, pengguna dapat memanfaatkan fitur rekomendasi urutan pengantaran yang disediakan,” ujar Kevin.

Pos terkait