5 aplikasi video pendek terpopuler di Indonesia

  • Whatsapp

Data dari We Are Social dan Hootsuite menunjukkan sebanyak 98,6% pengguna internet di Indonesia merupakan penikmat berbagai konten video online.

Semakin banyak aplikasi media sosial yang bermunculan. Ini tidak lepas karena teknologi yang semakin berkembang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite, di tahun 2021 terdapat lebih dari 10 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia.

Saat ini, platform media sosial yang sedang berkembang pesat adalah aplikasi video berdurasi pendek yang memungkinkan kita untuk berbagi serta menikmati berbagai konten hiburan dan edukasi. Data dari We Are Social dan Hootsuite juga menunjukkan sebanyak 98,6% pengguna internet di Indonesia merupakan penikmat berbagai konten video online.

Oleh karena itu, tidak heran jika platform video pendek menjadi semakin populer di Indonesia. Dari sekian banyak media sosial dengan format video pendek yang jadi pilihan, berikut adalah 5 platform yang paling populer di Tanah Air.

1. TikTok

Platform berbagi video pendek keluaran Bytedance ini masih menjadi pembicaraan masyarakat di seluruh dunia, dengan total 10 juta pengguna aktif di Indonesia dan 732 juta pengguna aktif di dunia. TikTok memungkinkan para pengguna untuk membuat berbagai konten video pendek instan dengan menggunakan berbagai fitur di dalamnya seperti pengeditan, efek, filter, teks, musik, emoji sticker, dan masih banyak lagi.

Selain dikenal dengan konten dan fiturnya, pengguna TikTok berkesempatan pula untuk mendapatkan keuntungan berupa poin yang dapat ditukar dalam bentuk uang dengan cara mengundang pengguna baru untuk mengunduh aplikasi TikTok, menonton secara aktif, mengunggah video, atau menjadi konten kreator.

2. SnackVideo

Ini adalah sebuah aplikasi video pendek buatan Kuaishou Technology yang baru-baru ini melejit di Indonesia. Dengan SnackVideo, pengguna dapat mengunggah video mulai dari 15 hingga 60 detik dan mengedit video menggunakan fitur-fitur pendukung seperti tambahan musik, audio dubbing, filter, efek, duet dengan pengguna lain, dan sebagainya.

Selain itu, SnackVideo menyediakan sistem reward, di mana para pengguna berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan cara mengundang pengguna baru untuk mengunduh aplikasi ini. Sistem reward juga berlaku bagi para konten kreator yang secara aktif mengunggah video.

3. Likee

Aplikasi Likee pertama kali muncul di tahun 2017 dengan nama LIKE. Namun aplikasi ini mengubah nama menjadi Likee di bulan Juni 2019. Ini adalah aplikasi pembuat video pendek di bawah naungan BIGO Technology Pte. Ltd yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan, mengasah kreativitas, dan berkomunikasi dengan idolanya melalui fitur live streaming. Sama seperti Tik Tok dan SnackVideo, Likee menyediakan fitur pengeditan dan pembuatan video dengan lebih dari 2.000 efek atau filter.

Fitur yang menjadi favorit pada aplikasi Likee adalah FaceMagic dan Moments. FaceMagic merupakan fitur efek kamera yang dapat menukar wajah pengguna menyerupai wajah artis terkenal, sementara fitur Moments adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan membagikan kegiatan mereka sehari-hari dalam bentuk tulisan atau foto, layaknya fitur IG Story.

4. Instagram Reels

Tidak mau kalah, Instagram yang merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia juga turut menghadirkan fitur video pendek dengan nama Reels sebagai salah satu inovasi terbarunya.

Fitur Reels memungkinkan para pengguna untuk mengunggah dan merekam berbagai konten video pendek dengan durasi mulai dari 15 hingga 60 detik. Pada dasarnya, fitur Reels memiliki kesamaan dengan platform SnackVideo dan TikTok. Fitur yang ditawarkan dapat merekam, pengeditan, menambahkan musik, filter, serta efek kamera pada video.

5. YouTube Shorts

Sebagai platform yang sudah lebih dahulu fokus pada konten video, YouTube tentu tidak ingin tertinggal dengan tren video pendek dengan menghadirkan YouTube Shorts. Sama halnya dengan platform serupa, YouTube Shorts juga memungkinkan pengguna untuk dapat mengunggah video pendek yang berdurasi 15 hingga 60 detik lengkap dengan fitur pendukung seperti musik, audio, filter, dan tulisan.

YouTube Shorts juga dilengkapi dengan ciri khas YouTube yaitu tombol subscribe, Like, Dislike, komentar, dan berbagi. Untuk pengguna yang telah menjadi kreator di YouTube, fitur Shorts ini dapat memberikan manfaat tambahan untuk memperluas audiens, mendapatkan jumlah pelanggan baru, serta membantu kenaikan pada algoritma akun YouTube miliknya.

Pos terkait