5 tips motret pakai kamera smartphone

  • Whatsapp

Bagaimana cara agar hasil foto yang kamu potret bagus dan berkualitas hanya dengan menggunakan kamera smartphone? Berikut ini tipsnya.

Dunia fotografi semakin dimudahkan dengan hadirnya kamera smartphone yang kualitasnya kian membaik setiap waktu. Saat ini membuat karya fotografi bukanlah hal yang sulit, pasalnya smartphone yang mungkin kamu miliki sudah didukung spesifikasi ang mumpuni. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengeditan yang bisa menunjang hasil foto kamu menjadi lebih profesional.

Perlu diingat, meskipun mempunyai fungsi yang serupa, kamera smartphone mempunyai karakteristik yang berbeda dengan kamera digital lain seperti kamera DSLR ataupun Mirrorless. Mengambil foto yang bagus di smartphone juga tidak sesederhana menunjuk dan memotret objek.

Lalu, bagaimana cara agar hasil foto yang kamu potret bagus dan berkualitas hanya dengan menggunakan kamera smartphone? Berikut ini 5 tips memotret dengan kamer smartphone yang perlu kamu pahami.

1. Aktifkan mode Grid untuk komposisi foto yang sempurna

Salah satu cara termudah dan terbaik untuk meningkatkan hasil foto di smartphone kamu adalah dengan mengaktifkan garis kisi (mode grid) kamera. Komposisi foto yang baik adalah menggunakan aturan “sepertiga”, ini adalah prinsip komposisi fotografi yang dimana sebuah foto harus “dipecah” menjadi tiga, baik secara horizontal maupun vertikal.

Komposisi foto yang baik tentunya akan membuat hasil foto lebih seimbang, rata, dan alami. Terkadang sebuah gambar dengan pemandangan yang ciamik dan pencahayaan sempurna menjadi kurang enak untuk dilihat karena komposisi fotonya yang tidak pas. 

2. Fokus dengan mendekati objek

Salah satu keterbatasan memotret menggunakan smartphone adalah resolusi. Saat kamu menggunakan fitur zoom yang ada pada kamera, maka resolusi akan cenderung menurun. Hasilnya, foto akan tampak lebih buram dan tidak cerah. Dengan menggunakan cara manual yaitu mendekatkan layar kamera smartphone ke objek, resolusi kamera tidak akan berkurang sehingga hasil foto pun lebih maksimal.

3. Gunakan HDR di saat yang tepat

HDR atau High Dynamic Range pada kamera smartphone digunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan agar lebih dinamis. Saat kamu mengaktifkan fitur HDR, maka kamera akan otomatis meningkatkan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekitar objek.

Biasanya, saat HDR diaktifkan, foto yang dihasilkan akan tampak lebih terang atau cerah. Jika kamu belum terlalu mahir dalam menentukan sudut pencahayaan, maka fitur HDR akan sangat membantu.

4. Coba berbagai angle

Sebuah foto idealnya menggunakan angle eye level alias sebagaimana pandangan yang ada di depan mata seseorang. Tetapi, untuk kamu yang berani mencoba hal berbeda, explore berbagai angle akan mendapatkan nilai lebih dalam hal estetika. Mencari angle yang tak biasa juga akan melatih insting kamu dalam mengambil objek foto.

Mungkin di pikiran masyarakat awam pengambilan foto gedung-gedung tinggi hanya bisa dari bawah, dengan kalian memainkan angle, kalian bisa mengambil foto gedung-gedung tersebut dari atas untuk menciptakan kesan yang berbeda dari pada biasanya. 

5. Latihan memegang smartphone dengan stabil

Cara memotret yang bagus dengan kamera smartphone sebenarnya tidaklah rumit. Selain kamu harus memperhatikan komposisi dan pencahayaan, kamu juga harus menstabilkan tangan kamu saat memotret. 

Jika tanganmu bergetar atau goyang, maka hasil fotonya akan cenderung blur atau tidak jelas. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan tripod kamera smartphone agar bisa memotret foto dengan maksimal tanpa getaran atau goyangan sedikit pun.

Pos terkait