AMD gandeng MediaTek untuk sediakan modul Wi-Fi laptop

  • Whatsapp

Untuk mengurangi ketergantungan AMD terhadap Intel, mereka melakukan kerjasama dengan MediaTek untuk membuat modul Wi-Fi untuk laptop.

MediaTek dan AMD dikabarkan telah menjalin kerjasama untuk membuat laptop berbasis prosesor AMD menjadi lebih menarik. Mereka dikabarkan akan membuat modul Wi-Fi kecil untuk laptop berukuran mini dan akan menggunakan model Wi-Fi 6E yang disebut sebagai RZ600 series. Modul ini akan digunakan di jajaran laptop generasi terbaru.

Solusi yang mereka gunakan untuk modul ini menggunakan chipset Filogic 330P MediaTek. Saat ini, mereka sedang mengembangkan teknologi ini agar dapat siap digunakan dalam waktu dekat ini.

Dilansir dari Tom’s Hardware (233/11) melaporkan bahwa akan ada dua model untuk modul ini, yakni model RX616 yang memiliki kecepatan hingga 2,6 Gbps yang menggunakan jaringan WiFi 160 MHz, yang seharusnya mendukung spektrum 6GHz.

Satu lagi adalah seri RZ608 yang akan memiliki kecepatan hingga 1,2 Gbps dan bergantung pada bandwidth 80MHz. Seperti diketahui, chipset Fliogic 330P mendukung Wi-Fi 6 dan 6E serta Bluetooth 5.2.

RZ616 akan muat di slot M.2 2230 dan M.2 1216 yang sangat pendek, sedangkan RZ608 dimaksudkan hanya untuk M.2 2230. MediaTek mengklaim kekuatannya dan teknologi amplifikasi noise rendah membantu mengelola daya dan memungkinkan chip kecil untuk “laptop semua ukuran”.

Kerjasama ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan AMD terhadap intel. Seperti diketahui, saat ini pasar modem Wi-Fi laptop masih dikuasai oleh Intel dan dipakai di sebagian besar laptop yang ada saat ini.

Pos terkait