AMD punya ambisi besar untuk 2025

  • Whatsapp

AMD mengatakan akan menargetkan peningkatan efisiensi daya di seluruh industri hingga 150% pada 2025 mendatang.

AMD hari ini mengumumkan sebuah tujuan yang sangat ambisius, yakni untuk mencapai efisiensi energi tiga puluh kali lebih tinggi dari CPU EPYC dan akselerator GPU Instinct pada tahun 2025. Tentu saja, ini merupakan ambisi yang sangat besar.

AMD sendiri tahu betapa mulianya tujuan ini. Mereka mengatakan bahwa tujuannya untuk melampaui peningkatan efisiensi di seluruh industri pada umumnya sebesar 150%.

Upaya baru AMD datang setelah inisiatif 20×25 yang berlangsung dari 2014 hingga 2020, dimana menghasilkan peningkatan efisiensi energi 25x untuk chip notebook mereka yang terkenal cukup boros pada generasi sebelumnya.

Inisiatif baru AMD berfokus secara khusus pada beban kerja AI dan HPC, dan tujuan perusahaan mungkin mengisyaratkan rencana desain perangkat kerasnya di masa depan. Misalnya, AMD berencana untuk meningkatkan kinerja karena bekerja menuju tujuan konsumsi daya baru, tetapi tidak hanya ingin membuang lebih banyak area die untuk masalah kinerja.

Dilansir dari Tom’s Hardware (1/10), AMD mengungkapkan bahwa rencana ini akan bergantung pada pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mencapai tujuannya.

Tidak seperti tujuan AMD sebelumnya untuk peningkatan efisiensi notebook, perusahaan tidak memasukkan pengukuran konsumsi daya idle ke dalam metodologi pengujiannya. Sebagai gantinya, mereka akan menggunakan tingkat pemanfaatan tipikal untuk beban kerja ini (sekitar 90%) dikalikan dengan PUE pusat data(Efektivitas Penggunaan Daya – ukuran efisiensi pusat data). 

AMD mengatakan ini menghasilkan nilai yang sangat dekat dengan metrik daya-per-watt. Berikut adalah informasi tambahan perusahaan, dan rumusnya:

“Kami menggunakan pengukuran lab AMD internal MI50 yang dipasangkan dengan CPU AMD EPYC 7742 yang menghasilkan 5,26TF per MI50 pada matriks 4k DGEMM dengan inisialisasi data trigonometri, dan 21,6TF dari FP16 pada matriks 4k,” kata AMD.

“Kami lalu menjumlahkan daya terukur untuk 4 MI50 (300W) TBP, TDP 225W untuk EPYC dan termasuk 100W untuk DRAM, ditambah kerugian konversi daya dan overhead untuk mendapatkan 1582W untuk node komputasi. Dasar kinerja memiliki perhitungan HPC/W = 4*5.26TF/1582W.”

Dengan upaya ini, AMD tampaknya ingin membuat pengguna dapat menggunakan komputer atau laptop mereka dengan efisiensi daya terbaik, namun tetap tidak mengorbankan performa sama sekali.

Pos terkait