AMD punya Mini PC bertenaga

  • Whatsapp

Dalam sebuah pengumuman terbaru, AMD mempersiapkan Mini PC baru yang akan bersaing dengan Intel NUC dengan prosesor Tiger Lake.

AMD pada akhirnya akan segera meluncurkan Mini PC terbaru mereka yang menggunakan prosesor Ryzen 9 5900HX. Ini merupakan Mini PC yang bertenaga dan ditujukan untuk bersaing dengan Intel NUC dengan prosesor Intel Tiger Lake.

Untuk menciptakan Mini PC ini, AMD berkolaborasi dengan MoreFine Focus dan Minisforum. Menariknya, ini merupakan Mini PC terkuat dalam body terkecil yang pernah ada, dan juga termurah karena hanya dibanderol USD 500 atau Rp7,2 juta untuk varian termahal.

Mereka menggunakan bodi dengan paduan aluminium-magnesium dengan permukaan ultra-ringan dan tahan aus. Di dalam sasis terdapat motherboard Mini-STX yang menampilkan semua yang dibutuhkan pengguna.

Untuk CPU, seperti yang sudah disebut, menggunakan AMD Ryzen 9 5900HX yang tertanam. Terdapat juga slot SODIMM DDR4 ganda, slot SSD NVMe M.2 2280 ganda, slot HDD (SATA III) 2,5″ tunggal, dan M.2 WiFi/ Port BT (NGFF).

Di sisi pendinginan, AMD sengaja menempatkan CPU mereka di bagian belakang. Hal ini dilakukan untuk memberikan kipas pendingin yang lebih besar namun tetap tidak mengganggu komponen lain.

Bodi tersebut memiliki tiga lubang ventilasi untuk pembuangan panas. Kembali ke kipas pendingin, MoreFine Focus menggunakan kipas pendingin dari tembaga murni yang memungkinkan aliran udara lebih tinggi namun tetap sunyi. 

Sementara untuk ukuran, Wccftech (21/7) melaporkan bahwa ukuran dari Mini PC ini adalah 150x145x40mm yang sangat mungil dan berat hanya 1000 gram.

AMD Ryzen 9 5900HX sendiri menawarkan 8 core dan 16 thread dengan kecepatan clock dasar di 3,30 GHz dan boost clock di 4,70 GHz. Terdapat juga GPU Vega dengan 8 Compute Unit atau sekitar 512 core yang memiliki kecepatan clock 2100 MHz.

Tak ketinggalan, ada juga dukungan overclock sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Sayang, belum diketahui kapan Mini PC ini akan segera resmi dijual.

Pos terkait