AMD rayakan perjalanan 5 tahun Ryzen, dari awal hingga saingi rival

  • Whatsapp

Selain membahas beberapa pencapaian mereka, AMD juga membicarakan masa depan arsitektur Zen dan CPU Ryzen mereka.

AMD baru saja merayakan ulang tahun ke-5 dari arsitektur CPU mereka, yakni ZEN yang ada di CPU Ryzen. Selama perjalanan ini, mereka menemukan cukup banyak pengalaman baik maupun buruk, yang membuat mereka sampai di titik sekarang ini.

Arsitektur ini hadir di bawah kepemimpinan CEO Lisa Su dan juga arsitek chip legendaris, Jim Keller. Dengan diluncurkannya arsitektur ZEN, mereka dapat mengejar ketertinggalan, bahkan menyusul pesaingnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Teknis AMD, Robert Hallock mengkonfirmasi kehadiran platform baru mereka dalam acara ini. Mereka mengatakan, AMD siap memperkenalkan CPU untuk platform baru dalam waktu dekat ini.

Robert juga menegaskan bahwa platform AM5 generasi berikutnya milik AMD akan menampilkan dukungan teknologi baru seperti DDR5, PCIe 5.0 dan akan kompatibel dengan CPU Ryzen baru dengan nama sandi ‘Raphael’.

Seperti diketahui, CPU ini akan didasarkan dari inti Zen 4 generasi berikutnya, yang akan diluncurkan pada akhir 2022. AMD juga akan memperkenalkan CPU Zen 3D V-Cache Ryzen pada awal 2022 yang dikonfirmasi untuk soket AM4.

Untuk spesifikasi, CPU berbasis Zen 4 akan mendapatkan teknologi fabrikasi 5nm TSMC dengan IOD 6nm. CPU ini hadir dengan platform AM5 dengan menggunakan soket LGA 1718.

Sedangkan untuk Ryzen ‘Zen 3D’ akan menampilkan teknologi fabrikasi 7nm yang disempurnakan, serta hadir dengan 64 MB cache Stacked per CCD (96 MB L3 per CCD), yang diklaim akan memiliki hingga 15% peningkatan kinerja rata-rata dalam gim.

Pos terkait