Apa itu fitur ekspansi RAM dan kapan harus memakainya

  • Whatsapp

Untuk mendapatkan pengalaman multitasking yang lancar, pengguna bisa menggunakan fitur ekspansi RAM pada OPPO Reno6.

Belakangan ini, kita dikenalkan oleh fitur baru pada smartphone yang dapat meningkatkan besaran RAM untuk mendapatkan kinerja smartphone yang kian mulus dan lancar. Fitur ini memang terdengar seperti sebuah gimmick jualan saja. Namun, fitur ini benar-benar hadir di beberapa smartphone, OPPO Reno6 salah satunya.

Selain dibekali prosesor yang gesit untuk mendapatkan kinerja perangkat yang kencang, OPPO Reno6 juga dibekali oleh RAM berkapasitas 8 GB berjenis LPDDR4X. Sebelum semakin jauh, apa sih sebenarnya RAM jenis LPDDR4X ini?

RAM berjenis LPDDR4X merupakan RAM hemat daya dari seri pendahulunya. Seri ini sering kali dipakai pada smartphone kekinian untuk memberikan kinerja tinggi, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Perbedaan efisiensi dayanya tercatat sekitar 10% lebih rendah dibanding seri sebelumnya.

Dibangun pada proses fabrikasi 19nm, RAM LPDDR4X memiliki kemampuan mentransfer data hingga 34.1 Gbps. Tak ayal, RAM jenis ini sering kali ditemukan pada smartphone berkinerja tinggi seperti OPPO Reno6.

Lantas ekspansi RAM buat apa?

Dibekali CPU, GPU dan jenis RAM yang gesit, sudah pasti OPPO Reno6 dapat memberikan kinerja multitasking yang lancar dan cepat. Hal ini berkat setiap komponen pada OPPO Reno6 mendukung kecepatan transfer data yang sangat tinggi.

Pemilihan komponen-komponen tersebut juga bukan tanpa alasan, karena pasti didasari oleh kebutuhan sistem dan aplikasi yang semakin modern.

Namun, apakah kita memerlukan ekspansi RAM jika kinerja perangkat pada dasarnya sudah sangat cepat?

Jawabannya adalah iya!

Perlu diingat, OPPO Reno6 memiliki jajaran fitur-fitur yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna, seperti App Cloner, Kid Space, System Cloner, Game Floating Windows, dan beberapa fitur lainnya.

Fitur-fitur tersebut membutuhkan dukungan RAM yang tidak sedikit. Agar mendapatkan performa yang tetap gesit dan lancar, pengguna dapat menggunakan ekspansi RAM ketika menggunakan fitur tersebut.

Fitur ekspansi RAM ini sederhananya adalah menambah besar kapasitas RAM bawaan (8 GB) dengan meminjam dari penyimpanan internal yang tidak terpakai, untuk menjadi RAM Virtual. Perlu diingat kembali, OPPO Reno6 memilki penyimpanan internal (ROM) sebesar 128 GB. Oleh karena itu, fitur ini bisa bekerja dengan optimal mengingat luasnya kapasitas ruang penyimpanan yang dapat dipinjam.

Namun, pengguna tidak bisa seenaknya meminjam kapasitas penyimpanan internal yang tidak terpakai. Pasalnya, OPPO Reno6 sudah menyediakan besaran RAM virtual yang dapat digunakan. Pengguna akan mendapat pilihan mulai dari 2 GB / 3 GB / 5 GB. Artinya, pengguna bisa mendapatkan total RAM sebesar 13 GB.

Dengan besaran RAM 13 GB, pengguna akan mendapatkan pengalaman multitasking yang lancar. Pengguna juga dapat menjalankan berbagai aplikasi tanpa khawatir perangkat akan sering lag.

Pos terkait