Apple bisa jadi perusahaan gim terbesar

  • Whatsapp

Dalam sebuah kabar terbaru, disebutkan Apple mendapatkan uang yang sangat besar dari gim melalui App Store ketimbang perusahaan gim sebenarnya seperti Nintendo dan lainnya.

Di antara nama perusahaan yang lekat dengan industri gim yaitu Nintendo, Activision, Konami, dan berbagai nama besar lainnya. Sangat jarang orang menyebutkan nama perusahaan teknologi saat berbicara mengenai gim.

Namun secara mengejutkan, menurut analisis Wall Street Journal, Apple bisa menjadi perusahaan gim terbesar. Saking besarnya, para analis mengatakan taksiran lini gim Apple bisa lebih besar dari gabungan beberapa perusahaan.

Ubergizmo (4/10) melaporkan bahwa gabungan perusahaan yang dimaksudkan bukan gabungan perusahaan kecil, melainkan gabungan perusahaan besar seperti Nintendo, Activision, Microsoft, dan Sony. 

Rupanya hal ini disimpulkan melalui laba operasi Apple dari lini bisnis gim saja pada tahun 2019 diperkirakan sekitar USD8,5 miliar. Bahkan Apple dengan sendirinya menaksir angka tersebut jauh lebih tinggi.

Prakiraan ini menempatkan Apple USD2 miliar di atas laba perusahaan yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, di sisi lain Sensor Tower mengatakan bahwa laba yang didapatkan Apple bisa lebih tinggi.

Berdasarkan data dari Sensor Tower, mereka memperkirakan Apple menghasilkan setidaknya USD15,9 miliar pendapatan dari App Store pada 201. Dan 69% dari angka itu benar-benar digunakan untuk bermain game.

Meski demikian, perusahaan asal Cupertino tersebut berbeda dengan perusahaan di bidang gim lainnya. Mereka tidak membuat gim sendiri, namun mengkurasi berbagai pengembang gim serta aplikasi di platform mereka.

Hal ini membuat Apple memang tidak dapat disandingkan secara langsung dengan perusahaan seperti Nintendo, Microsoft, Activision, dan Sony. Begitu juga dengan model bisnis yang sangat berbeda antara Apple dengan perusahaan gim lain.

Pos terkait