Begini Pentingnya Program Vaksinasi Covid-19 Anak dan Remaja dari Kacamata Orangtua

  • Whatsapp

Suara.com – Program vaksinasi Covid-19 untuk anak dan remaja sudah dimulai. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3, dilakukan Bagi Masyarakat Rentan serta Masyarakat Umum dan Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun.

Kepada Suara.com, orangtua murid bernama Romlan (47) yang bekerja sebagai Petugas Keamanan mengatakan bagaimana vaksinasi Covid-19 sangat penting untuk anak dan remaja.

Program Vaksinasi Covid-19 Anak dan Remaja dari Kacamata Orangtua (Suara.com/Afrizal)
Program Vaksinasi Covid-19 Anak dan Remaja dari Kacamata Orangtua (Suara.com/Aflaha Rizal)

“Saya kebetulan sudah vaksin dua kali, dan soal vaksinasi anak saya mendukung sekali. Dan ini akan menambahkan kekebalan maupun stamina anak,” ungkapnya saat dihubungi Suara.com, Selasa (20/7/2021).

Ia berharap vaksinasi anak yang dilakukan pemerintah bisa berjalan lancar. Sebab menurutnya kelompok anak juga membutuhkan vaksinasi sebagai bentuk perlindungan.

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 di Sleman Menipis Hanya Cukup Digunakan 4 Hari Kedepan

“Kebetulan anak saya divaksin jadi saya mendukung sekali,” ungkapnya.

Ada juga Bahtiar (50), yang bekerja di sebuah perusahaan produksi film menganggap vaksinasi juga diperlukan untuk semua kalangan termasuk anak-anak.

Program Vaksinasi Covid-19 Anak dan Remaja dari Kacamata Orangtua (Suara/Afrizal)
Program Vaksinasi Covid-19 Anak dan Remaja dari Kacamata Orangtua (Suara/Aflaha Rizal)

“Karena kondisi lagi urgent, dan penularan masih saja ada, sehingga vaksinasi ini bisa meningkatkan imunitas tubuh saya,” terangnya saat ditemui Suara.com, Rabu (21/7/2021).

Untuk program vaksinasi anak yang sekarang sudah dijalankan, Bahtiar mengaku sangat mendukung anaknya untuk mau divaksinasi. Hal ini perlu dilakukan karena anak tetap harus produktif saat sekolah.

“Kalau bicara perlu atau tidak, bagi saya perlu. Dan saya menganjurkan untuk ikut serta di bulan Agustus untuk vaksinasi. Itu sudah saya daftarkan untuk anak saya yang SMP dan SMA.”

Baca Juga: Kapan Anak di Bawah 12 Tahun Bisa Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Jawaban Kemenkes

“Dalam dua tahun terakhir ini anak-anak usia sekolah tidak ikut pembelajaran tatap muka. Dengan adanya vaksinasi yang dilakukan secara masif ini, diharapkan anak bisa memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dan hidup bisa berlangsung normal saat sekolah tatap muka,” pungkasnya.

Pos terkait