Berapa kapasitas RAM PC yang dibutuhkan untuk gaming?

  • Whatsapp

Apakah RAM memang harus berukuran besar agar bisa menjalankan gim? Berapa sebenarnya RAM yang ideal untuk memainkan gim-gim kekinian? Simak penjelasannya.

Bagi pemula, membangun PC yang ideal untuk gaming mungkin akan terasa sulit. Selain itu, konfigurasi gim kekinian harus memiliki setidaknya 8 GB RAM, sehingga menuntut RAM yang lebih besar. Namun apakah RAM memang harus berukuran besar agar bisa menjalankan gim? Berapa sebenarnya RAM yang ideal untuk memainkan gim-gim kekinian? Simak penjelasannya berikut ini. 

Fungsi RAM pada PC

RAM memiliki fungsi utama sebagai wadah penyimpanan sementara untuk data yang akan diproses oleh CPU sebelum ditampilkan dalam bentuk informasi yang dapat dikenali oleh pengguna. RAM juga berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Hal ini dikarenakan media penyimpanan sekunder seperti hard disk, flash drive, atau CD/DVD memiliki kecepatan akses data yang terbatas. Batasan tersebut akan berdampak pada PC yang berjalan lambat.

Kapasitas RAM yang paling ideal untuk gaming

Kini sistem operasi sebuah PC 64-bit telah menjadi hal yang lumrah, karena mendukung jauh lebih banyak RAM daripada OS 32-bit yang hanya dapat membaca maksimal 4 GB RAM. Sementara itu, RAM yang kini populer digunakan di kalangan gamer ada 32GB. Namun RAM besar ini terbilang berlebihan kalau kamu hanya memainkan gim-gim kekinian. Lain halnya dengan mereka yang memang sedang membangun karier sebagai gamer, agar mampu mengakomodir berbagai aktivitasnya menjalankan berbagai gim dalam waktu yang lama. 

Harga RAM 32 GB juga cukup mahal. Menilik beberapa marketplace, harga RAM PC DDR4 32 GB berkisar Rp3 – 4 juta. Jika kamu ingin berhemat, alternatif lain yaitu membeli RAM dengan kapasitas lebih kecil namun mendukung DDR5. Misalnya Corsair yang belum lama ini mengumumkan RAM DDR5 dan memiliki kecepatan memori 6400Mhz. Padahal RAM DDR4 Corsair umumnya ada pada 3200Mhz sampai 3600Mhz. Artinya kecepatan memori DDR5 meningkat hampir 2 kali lipat dari DDR4.

Untuk kamu yang ingin bermain gim dengan nyaman, memang bisa menggunakan konfigurasi RAM 8 GB DDR5. Kendati begitu, pada gim-gim baru mungkin akan terasa perubahan fps, khususnya ketika kamu menjalankan software berat lainnya secara bersamaan. 

Oleh karena itu, RAM 16GB menjadi pilihan ideal untuk memainkan gim. Dengan jumlah RAM ini, kamu bisa menjalankan gim dengan lancar, sekaligus membuka software lainnya sekaligus. 

Yang tak kalah penting, perhatikan pula panduan RAM terbaik untuk menjalankan gim yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin apakah PC milikmu mendukung gim tertentu atau tidak. 

Pos terkait