Berkat podcast, pendapatan Spotify naik 75%

  • Whatsapp

Pendapatan langganan platform streaming musik Spotify tumbuh 22% dan penjualan iklan naik 75% YoY menjadi USD374 juta.

Spotify mencatatkan keuntungan peningkatan yang cukup signifikan di kuartal ketiga 2021, yakni 75% dari tahun ke tahun. Peningkatan ini didorong oleh pendapatan podcast yang terus tumbuh.

Dilansir dari Variety (28/10), total pengguna aktif bulanan Spotify tumbuh 19% YoY menjadi 381 juta di kuartal ketiga. Angka ini naik dari 365 juta pengguna dibanding periode yang sama di tahun lalu. Pelanggan Spotify Premium pun turut meningkat sebesar 19% menjadi 172 juta pada kuartal yang sama. Tidak hanya itu, saham perusahaan juga dikabarkan naik 6,7% dalam pre-market trading.

“Kami memiliki kuartal yang sangat kuat,” kata CEO dan pendiri Spotify Daniel Ek. “Bisnis ini berjalan dengan sangat baik dan Saya senang bahwa kami terus memberikan di seluruh area yang mendasar bagi pertumbuhan dan strategi jangka panjang kami.”

Sebelumnya, panduan perusahaan untuk Q3, total pengguna diprediksi 377-382 juta pengguna bulanan dan 170-174 juta pelanggan berbayar. Spotify membukukan pendapatan sebesar USD2,90 miliar, naik 27% dari kisaran panduannya. Sementara pendapatan langganan tumbuh 22% dan penjualan iklan naik 75% YoY menjadi USD374 juta.

Spotify menambah laba bersih sebesar 2 juta euro (USD2,3 juta), yang berarti kerugian bersih sebesar -0,41 euro per saham terdilusi. Analis Wall Street telah mengantisipasi rata-rata pendapatan USD2,84 miliar.

Di antara pengguna yang terlibat dengan podcast di Q3, konsumsinya naik 20% dari tahun ke tahun pada basis per pengguna. Selama kuartal tersebut, pangsa podcast dari keseluruhan jam konsumsi di platform juga mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Pos terkait