Cara Mengatasi Rem Masuk Angin Agar Tidak Blong

  • Whatsapp

Cara Mengatasi Rem Masuk Angin
Ilustrasi Cara Mengatasi Rem Masuk Angin. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi rem yang masuk angin perlu kalian ketahui mengingat kondisi seperti ini bisa muncul kapan saja. Masuk angin merupakan sebutan untuk sistem pengereman yang terdapat gelembung udara di dalamnya.

Permasalahan seperti ini juga sangat berbahaya bagi pengendara, karena bisa menyebabkan rem menjadi blong. Sebenarnya tanda-tanda rem masuk angin bisa kalian rasakan dengan mudah, yaitu rem terasa kempos.

Hal ini terjadi lantaran udara yang masuk ke dalam sistem hidrolik mampu menyerap tekanan pada pedal rem. Sehingga pada kendaraan yang normal sekalipun, tetap saja akan mengakibatkan rem ngempos.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Ambles Beserta Cara Mengatasinya

Biasanya kondisi seperti ini kerap menimpa kendaraan yang sudah lama tidak beroperasi atau ketika menggunakan kendaraan saat pagi. Akan tetapi, gejala seperti ini bisa menghilang ketika kalian mengocok rem secara terus-menerus. Meskipun tidak menjamin akan muncul gelembung kembali, namun cara ini cukup efektif untuk langkah darurat.

Inilah Cara Mengatasi Rem Masuk Angin

Rem pada kendaraan bekerja dengan menjepit cakram yang biasanya terpasang di roda kendaraan. Dengan dorongan kampas menuju piringan atau cakram hasil gerakan piston, maka proses pengereman bisa terjadi. Namun hal tersebut tidak akan berfungsi kembali ketika terdapat gelembung udara yang masuk ke dalam sistem pengereman.

Seperti yang kita tahu, rem pada kendaraan terbagi menjadi 3 tipe, yaitu rem tromol, rem cakram, dan rem angin. Namun pada kendaraan roda dua keluaran baru, kebanyakan menggunakan rem cakram. Bukan tanpa alasan, rem jenis ini terkenal lebih pakem serta minim perawatan.

Lalu apakah karena terkenal lebih pakem, maka rem tidak bisa mengalami berbagai masalah? Tentu saja bisa, bahkan salah satunya yaitu rem yang tiba-tiba terasa blong atau kempos.

Baca Juga : Rem Motor Berbunyi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya 

Meskipun rem kempos tak melulu karena rem masuk angin, namun indikasinya menuju ke arah sana. Nah, berikut ini cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi rem yang masuk angin.

Lakukan Pengecekan

Hal yang harus kalian lakukan sebelum proses perbaikan pada rem yang masuk angin yaitu dengan cara mengecek terlebih dulu. Kalian perlu memastikan bagian mana yang mengalami kerusakan.

Biasanya dengan melihat bagian piston kaliper pada rem depan dan belakang. Jika terdapat kebocoran, maka segera mulai untuk memperbaikinya.

Proses Bleeding

Cara mengatasi rem masuk angin selanjutnya yaitu dengan melakukan proses bleeding. Bleeding sendiri merupakan langkah mengeluarkan gelembung udara dengan prinsip tekanan.

Ketika kalian melakukan proses ini pada mobil, maka harus membutuhkan dua orang. Namun pada sepeda motor, kalian bisa melakukannya sendiri.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram pada Sepeda Motor

Hal ini karena ketika proses bleeding berlangsung harus ada yang menjadi operator pedal rem sementara satunya siap-siap di aktuator pengereman.

Nah, sebelum proses bleeding berjalan, pastikan mobil tidak menggunakan sistem ABS. Sebab proses bledding bisa terhambat, jadi ada baiknya cabut relay ABS pump untuk menonaktifkan pompa ABS.

Setelah itu, tancapkan selang bleeding yang terhubung ke nepel bleeding pada kaliper rem. Lalu tekan pedal rem secara terus-menerus hingga terasa keras. Cara ini bisa mengatasi mengeluarkan angin yang masuk pada sistem rem kendaraan.

Buka Baut Nepel Bleeder

Ketika sudah lebih keras dari sebelumnya, maka tahan agar rem pedal tetap berada di posisi bawah. Kalian bisa membuka baut nepel bleeder dengan gerakan yang cepat kemudian menutupnya kembali. Dengan begitu, kalian akan melihat gelembung udara keluar dari nepel.

Nah, angin itulah yang masuk ke dalam sistem pengereman, sehingga ketika menginjak rem akan terasa ringan. Cara mengatasi rem masuk angin ini bisa kalian lakukan berulang-ulang hingga tidak ada gelembung udara yang keluar lagi.

Perhatikan Kondisi Minyak Rem

Beberapa langkah di atas akan menyebabkan minyak rem sedikit keluar. Untuk itu, pantau selalu kondisi minyak rem. Jika perlu, siapkan minyak rem cadangan untuk mengantisipasi banyaknya minyak yang keluar dari kendaraan. Setelah itu, lakukan penggantian minyak rem dengan hati-hati.

Uji Kendaraan

Setelah beberapa cara mengatasi rem yang masuk angin di atas selesai, kini saatnya mencoba kendaraan. Gunakan kendaraan untuk berjalan dalam jarak dekat sambil sesekali menginjak pedal rem.

Jika ternyata masih terdapat masalah dalam sistem pengereman, bisa jadi karena terjadi kerusakan lain. Nah, cara yang paling ampuh yaitu dengan membawa ke bengkel terdekat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Pos terkait