Cerita di balik dapur Tokopedia versi iOS

  • Whatsapp

Dalam mengembangkan fitur dan teknologi baru, tim pengembang Tokopedia iOS menggunakan sistem buatan sendiri untuk memudahkan proses testing.

Fitur serta teknologi yang kalian temui saat ini di Tokopedia iOS tidak semudah itu untuk muncul. Sebelum hadir ke setiap platform pengguna, tim developer iOS harus melakukan testing atau percobaan pada setiap halaman produk yang berbeda, seperti halaman check out, dasbor penjual, official store, produk detail, akun, pembayaran, hingga halaman Tokopedia Play yang perlu dipelihara dan dikembangkan setiap waktu.

Lantas, bagaimana cara Tokopedia dapat aktif memberikan peningkatan dan pembaruan kepada pengguna, khususnya di perangkat iOS? Adityo Rancaka, Senior Software Engineer Tokopedia dalam START Summit Extension yang digelar September ini menjelaskan, tim memiliki cara sendiri dalam menyederhanakan proses testing.

Dalam melakukan testing, Tokopedia iOS memiliki beberapa metode, yakni Automated Tests yang terbagi menjadi Unit Test dan UI Test. Unit Test dikhususkan untuk melakukan testing pada logic dan sistem functional di apps, sedangkan UI Test berguna untuk menjalankan user interface secara otomatis. 

Namun, Automated Test saja tidak cukup. Tim iOS Tokopedia juga perlu melakukan Manual Test dengan mengunduh build atau rancangan ke sebuah server yang nantinya Product owner dan developer dapat memasang dan mengunduh apps di sana. 

Di sinilah proses disederhanakan. Tim Tokopedia membuat sistem sendiri yang disebut Tokopedia Apps Distribution Platform. Sistem ini memudahkan para iOS developer untuk mengunggah seluruh rancangan agar dapat digunakan dalam proses testing

Tidak sampai di situ, dalam proses testing tim juga perlu untuk mendaftarkan unit identifier. Biasanya dalam satu tim, terdapat 10 perangkat identifier yang perlu didaftarkan. Namun untuk memudahkan para pengembang, lagi-lagi tim mengembangkan sistem sendiri yakni Apple Developer Enterprise Program. Dengan demikian, tim tidak perlu mendaftarkan satu persatu perangkat setiap melakukan testing pada build atau rancangan baru.

Untuk memastikan dan meminimalisir terjadinya error atau bugs pada setiap rancangan, Tokopedia juga melibatkan Nakama atau karyawan Tokopedia dalam melakukan Internal Beta Testing. Dhio Etanasti, Software Engineer Lead Tokopedia memaparkan, Nakama dapat menikmati setiap fitur dan teknologi baru di Tokopedia Pro.

Tokopedia Pro merupakan sistem distribusi apps yang dibuat khusus untuk Internal Beta Testing. Melalui proses ini, selain menguji coba fitur atau rancangan baru, Nakama juga dapat melaporkan langsung kendala maupun bugs yang mereka temui dan mengisinya di feedback form yang terintegrasi pada keseluruhan sistem Tokopedia Pro.

Berkat deretan proses tersebut, berakhirlah fitur-fitur serta teknologi pada aplikasi iOS Tokopedia yang Sahabat Tek temui saat ini.

Pos terkait