China Bikin Lagi 20 Vaksin Baru Covid-19, Tanda Apa Ini?

  • Whatsapp

Jakarta, CNBC Indonesia – Perlombaan penemuan vaksin Covid-19 terus berhembus kencang. Vaksin yang dianggap akan menghilangkan pandemi dari muka bumi itu nyatanya telah menjadi kompetisi baru antar negara di dunia, tak terkecuali China.

Dikutip South China Morning Post, Jumat (4/6) China disebut sedang berusaha untuk memperluas pengembangan vaksin Covid-19 dengan 20 kandidat sedang dalam tahapan uji klinis.

“China berada di barisan pertama di dunia dalam hal jumlah vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan,” kata Zheng Zhongwei, direktur Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Medis dari Komisi Kesehatan Nasional China.


Namun ia juga mengakui bahwa saat ini vaksin-vaksin yang dikembangkan di negara itu masih perlu uji-uji lanjutan di beberapa negara untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Di antara 20 vaksin itu , ia menyebut hanya delapan telah disetujui untuk uji coba fase 3 di luar negeri.

“Tetapi kami harus mengakui bahwa perusahaan vaksin kami masih tertinggal dalam hal melakukan uji coba klinis internasional,” tambahnya.

“Kami masih memiliki kekurangan dalam penelitian dasar beberapa teknologi baru,” katanya.

Menurut Unicef, Amerika Serikat berada di puncak sebagai rumah bagi 110 pengembang vaksin Covid-19, diikuti oleh 41 di China dan 22 di Kanada.

Badan PBB itu mengatakan produsen dari berbagai negara mungkin bekerja sama dalam satu vaksin dan beberapa perusahaan mungkin memiliki banyak vaksin dalam pengembangan.

China sendiri telah memimpin dalam pasokan global vaksin Covid-19, dengan dua vaksinnya berhasil terdaftar untuk penggunaan darurat oleh WHO. Selain itu, China telah menyediakan lebih dari 350 juta dosis vaksin Covid-19 ke luar negeri per hari Senin (31/5/2021) dan telah memberikan 723,5 juta dosis secara nasional per Kamis (3/6/2021).

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Pos terkait