Facebook Blokir Akun Donald Trump hingga 2023, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

AKUN Facebook mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, diblokir sekurang-kurangnya sampai Januari 2023. Hal ini sebagaimana diumumkan Facebook Inc.

“Mengingat beratnya keadaan hingga menyebabkan penangguhan Tuan Trump, kami yakin tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami, yang layak mendapat hukuman terberat yang tersedia di bawah protokol penegakan yang baru,” ungkap Kepala Urusan Global Facebook Nick Clegg, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Facebook Tak Blokir Lagi Topik Covid-19 Buatan Manusia 

Pemblokiran akun Trump baru akan dicabut jika Facebook melihat risiko terhadap keamanan publik berkurang. Guna menilai risiko ini, platform media sosial tersebut bekerja sama dengan para ahli.

Apabila Trump masih berulah setelah sanksi ini, Facebook bakal memblokirnya secara permanen dari media sosial tersebut. Akun Facebook resmi Donald Trump diblokir karena unggahannya dianggap mendukung kekerasan di Capitol Hill pada 6 Januari 2021.

Facebook. (Foto: Freepik)

Dewan Pengawas Independen Facebook pada Mei lalu mendukung blokir terhadap akun Trump, namun menilai periode blokir tidak terbatas tidak tepat. Mereka meminta Facebook memberikan jawaban yang proporsional untuk kasus ini.

Trump menilai keputusan Facebook untuk memblokir akun miliknya sebagai bentuk sensor dan hinaan terhadap pemilihnya.

“Putusan Facebook merupakan hinaan terhadap 75 juta orang yang memecahkan rekor, yang memilih kami pada Pemilihan Umum Presiden yang Dicurangi 2020. Mereka seharusnya tidak diizinkan lolos dari sensor dan pembungkaman ini. Dan tentu, kami akan menang. Negara kita tidak bisa lagi menerima pelecehan ini,” kata Trump dalam keterangan resminya.

Baca juga: Facebook Sensor Unggahan Terkait Palestina, Ini Bahaya yang Bisa Ditimbulkan 

Trump juga mengatakan jika suatu hari nanti kembali ke Gedung Putih, dirinya tidak mau makan malam dalam acara ramah tamah bersama Mark Zuckerberg dan istrinya.

“Semuanya akan soal bisnis,” kata Trump.

Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki, mengenai perkembangan terbaru blokir Facebook ini, mengatakan, “Rasanya tidak mungkin zebra akan mengganti belangnya dalam 2 tahun ke depan. Kita lihat saja.”

Pos terkait