Facebook rugi Rp1,1 triliun karena down hari ini

  • Whatsapp

Menurut perhitungan yang dilakukan Snopes, Facebook diperkirakan rugi USD66 juta selama lima jam pemadaman dan USD79 juta atau Rp1,1 triliun selama 6 jam.

Pemadaman Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang terjadi hari ini menjadi pukulan besar bagi perusahaan. TechRadar melaporkan (5/10), saham Facebook mengalami penurunan hingga 5% dan pendapatan iklan perusahaan juga terpengaruh. Menurut beberapa ahli, ini merupakan pemadaman terburuk yang pernah melanda Facebook.

Untuk mengetahui total kerugian Facebook selama pemadaman, situs web Snopes menghitung pendapatan per menit Facebook dan dikalkulasikan dengan lamanya pemadaman terjadi. Dari perhitungan tersebut, didapatkan hasil kerugian sebesar USD66 juta atau sekitar Rp940 miliar.

Dikutip dari Digital Trends (5/10), Snopes menggunakan data dari laporan kuartal terbaru Facebook. Laporan itu mengungkapkan pendapatan iklan sebesar USD28,6 miliar selama periode tiga bulan terakhir, pada 30 Juni 2021.

“Berdasarkan perhitungan back-of-the-napkin, (Facebook) diperkirakan menghasilkan pendapatan sekitar USD318 juta per hari; USD13 juta per jam, USD220.000 per menit; dan USD3.700 per detik,” kata Snopes.

Perhitungan dilakukan lima jam setelah pemadaman, sedangkan masih ada sisa satu jam lagi hingga ketiga aplikasi tersebut kembali normal. Jika ditambahkan menjadi 6 jam, maka dapat disimpulkan kerugian Facebook selama pemadaman ini adalah USD79 juta atau sekitar Rp1.1 triliun.

Snopes mencatat estimasinya “berpusat pada pengeluaran dan pendapatan hipotesis oleh perusahaan, serta asumsi bahwa keputusan anggarannya akan tetap agak konsisten dengan Q2 dan tidak mengalami perubahan signifikan.”

Seperti diketahui, Facebook dan dua aplikasi miliknya, WhatsApp dan Instagram tidak bisa diakses sejak sekitar pukul 23.00 WIB kemarin (4/10). Netizen Indonesia mulai ramai di Twitter menanyakan penyebab kasus down ini dan membuat topik “Ternyata WA” menjadi trending nomor wahid di Twitter.

Pos terkait