Formiga Jadi Pesepak Bola Putri yang Paling Sering Tampil di Olimpiade

  • Whatsapp

Jakarta: Formiga menjadi pemain sepak bola wanita pertama yang ambil bagian dalam tujuh ajang Olimpiade. Rekor pribadi itu diukir saat membantu Brasil melawan Tiongkok pada laga pembuka fase grup Olimpiade Tokyo di Stadion Miyagi, Rabu 21 Juli waktu setempat.
 
Formiga melakukan debutnya untuk Brasil pada Piala Dunia 1995 saat usianya 17 tahun. Setelah itu, dia menjalani debutnya di Olimpiade 1996 Atlanta dan tidak pernah absen membela negarang di pesta olahraga terbesar dunia hingga kini.
 
Sejatinya, gelandang Sao Paulo berusia 43 tahun itu ingin mengakhiri karier ketika selalu kesulitan menyabet emas di ajang Olimpiade. Sebab, dia hanya mampu membuat Brasil menyabet perak di Olimpiade 2004 dan Olimpiade 2008, kemudian meraih perunggu pada Olimpiade 2016 di Rio.
 
Twitter @Olympics juga menyebutkan, Formiga punya beragam catatan positif selain menjadi pemain yang paling sering tampil di ajang Olimpiade, yakni tidak pernah absen di cabor sepak bola putri Olimpiade, berusia 25 tahun ketika menjalani debut Olimpiade pertamanya, dan pemain tertua yang pernah tampil di ajang sepak bola Olimpiade.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Pada Olimpiade Tokyo 2020, timnas sepak bola putri Brasil berada di Grup G bersama Tiongkok, Zambia, dan Belanda. Tiongkok sebagai lawan pertama sudah mereka taklukkan dengan skor 5-0, dan selanjutnya Brasil akan menghadapi Belanda, Sabtu 24 Juli mendatang. (ANT)

 
(KAH)

Pos terkait