Franchise A Quiet Place, Di Balik Layarnya

  • Whatsapp

Franchise A Quiet Place Dengan Kisah Di Balik Layarnya
Franchise A Quiet Place Dengan Kisah Di Balik Layarnya

Franchise A Quiet Place part 2 saat ini tengah tayang di sejumlah bioskop berbagi belahan negara dunia sejak akhir Mei 2021 lalu. Film series ini pertama kali tayang di tahun 2018 lalu.

Sejak penayangan perdananya, A Quiet Place sudah berhasil menarik perhatian banyak orang. Sebagai pemula di genre thriller, film ini termasuk dalam debut yang membuat kejutan bagi publik. Pasalnya banyak orang menganggap film ini dapat menyentuh sisi humanis manusia.

Selain itu, A Quiet Place dengan berani menayangkan aktris tunarungu namun tetap menghadirkan ketegangan intens. Bagaimana sisi menarik dari franchise A Quiet Place?

Sinopsis Franchise A Quiet Place Yang Tengah Tayang

Sudah tayang hingga series ke dua, terdapat sinopsis berbeda-beda dari franchise a quiet place. Pada film pertamanya menceritakan tentang keluarga bernama Abbot. Keluarga ini harus hidup dalam kesunyian sehari-hari.

Hal ini mereka lakukan agar terhindar dari makhluk misterus yang dapat merekam. Tak hanya itu, makhluk tersebut juga bisa menyerang jika mendengar suatu suara. Bahkan makhluk tersebut bisa mengetahui bisikan maupun langkah sekecil apapun yang keluarga itu keluarkan bisa menyebabkan kematian.

Evelyn Abbot beserta suaminya bernama Lee pada akhrinya harus berpikir keras guna menghindar dari makhluk tersebut. Tak hanya itu, mereka juga hendak melindungi anak-anaknya dan mencari cara melawan makhluk misterius itu.

Kemudian, a quiet place berlanjut untuk series ke dua. Di mana sinopsis film satu ini bercerita tentang kelanjutan hidup keluarga Abbott. Jika di film pertama fokus cerita berada di dalam rumah, pada serial ke dua berfokus dengan tempat lainnya.

Tempat pada film kedua yaitu di dunia luar serta melanjutkan perjuangan keluarga ini agar bisa bertahan hidup di tengah keheningan. Dalam film kedua, Evelyn Abbot beserta anak-anaknya terpaksa berjelajah ke sebuah tempat asing.

Bahkan tempat asing itu sebelumnya tidak mereka ketahui. Hingga keluarga ini sadar jika ada makhluk asing lainnya yang mengintai. Bahkan bukan sekedar makhluk pemburu suara saja melankan lewat jalur pasir. Dari sinopsis franchise a quiet place, tak heran jika alur cerita dalam film begitu seru.

Fakta Menarik Di Balik Layar A Quiet Place

Tengah tayang dan menjadi film populer, rupanya terdapat sejumlah fakta menarik yang ada di franchise a queit place. Fakta pertama ialah sutradara pada film kedua yakni Jhon Krasinski ikut berperan sebagai monster.

Mengutip dari sumber terpercaya hingga pasca produksi film, desain untuk monster belum ke tahap final. Bahkan John Krasinski sendiri di tempat syuting harus berperan menjadi monster dengan memanfaatkan motion capture.

Saat uji coba pemutaran perdana, penampilan sang sutradara menjadi monster malah membuat para penonton tertawa. Alasannya ialah karena CGI belum selesai, bahkan di sejumlah adegan tidak ada efek CGI sama sekali.

Sehingga Krasinski masih tampak sebagai monster yang berbalut motion capture sulit. Fakta berikutnya ialah pemeran Millicent Simmonds membuat sang sutradara menangis di lokasi syuting. Millicent Simmonds berperan sebagai karakter tunarungu dengan nama Regan Abbott.

Di kehidupan nyatanya, ia memang sudah tuli sejak dirinya bagi. Simmonds mebuat Krasinski menangis terharu kala mengajukan usulan dialog. Awalnya dialog tersebut harusnya berupa ”Aku mencintaimu” dan berubah menjadi “Aku selalu mencintaimu”.

Pada awalnya, film ini tidak terdapat subtitle pada adegan dengan bahasa isyarat. Mereka ingin para penonton tahu konteks para aktor berkomunikasi dengan cara non verbal. Akan tetapi John menyadari saat adegan Lee berdebat dengan Regan tak akan berfungsi baik jika tidak terdapat subtitle.

Jadi, mereka memutuskan menambahkan subtitle dalam franchise a quiet place part 2.

John Krasinski Tak Lagi Garap A Quiet Place 3

Rupanya franchise A Quiet Place akan berlanjut hingga serial ke tiga. Hal ini karena kesuksesan dari film pertama hingga keduanya yang kini sedang tayang. Akan tetapi pada film ke tiga, sutradara John Krasinki tidak akan mengarahkannya.

Bahkan John Krasinski menyerahkan penggarapan film ke tiga pada Jeff Nichols. Nama Jeff Nichols sendiri bukanlah asing di telinga pecinta film. Pasalnya sutradara asal Arkansas ini sudah terkenal lewat sejumlah film kenamaan.

Antara lain Take Shelter di tahun 2011 silam, kemudian 2012 ada Mud serta Loving pada 2016 lalu. Melansir dari salah satu wawancaranya, John mengaku jika dia sudah mempunyai ide untuk film ketiga. Selain itu, John berpikir juga satu-satunya orang yang dapat menggarap cerita tersebut ialah Jeff Nichols.

Sutradara sebelumnya yakni John berkata jika sangat bahagia saat Jeff menerima tawaran untuk menggarap franchise tersebut. Ia sudah menceritaka idenya pada Jeff dan sutradara selanjutnya langsung menuliskan cerita versi dirinya.

Jeff pun langsung mengirimkan skripnya dan John begitu suka, sehingga ia mengaku tak sabar melihat Jeff mengerjakan film ketiga. Beredar kabar jika pengembangan waralaba film ini akan secra resmi rilis di tanggal 31 Maret 2023 mendatang.

Konfirmasi tentang tanggal penayangan film terbaru ini, rilis hanya berselang satu minggu sejak part 2 meluncur. Film ketiga nantinya memperluas semesta dunia post apocalyptic yng tampil pada part sebelumnya.

Berdasarkan salah satu sumber, franchise a quiet place yang akan berlanjut ini belum terdapat judul pasti. Tak hanya itu, film selanjutnya bukan merupakan kelanjutan dari kedua tayangan sebelumnya.

Berhasil Pecahkan Rekor Box Office

Meskipun merupakan pemula di genre thriller, franchise A Quiet Place berhasil mengejutkan publik saat debut penayangannya. Bahkan di film perdana, serial ini berhasil meraup US$ 340 juta yang berasal dari seluruh box office dunia.

Emily Blunt sebagai pemerain utama berhail memenangkan piala Screen Actors Guild Awards. Kategori yang ia menangkan adalah aktris pendukung terbaik. John sebagai penulis naskah film pertama beserta Bryan Woods dan Scott Beck juga ikut mendapat penghargaan.

Penghargaan yang mereka dapatkan ialah Writers Guild untuk kategori orisinal. Sambutan hangat tersebut membuat film ini berlanjut ke seri kedua. Hebanya, A Quiet Place 2 juga berhail menghidupkan kembali box office kawasan AS dalam seminggu perdana penayangannya.

Tak hanya itu, film thriller ini mampu meraup pemasukan dengan nilai fantastis. Angka pendapatan mereka sebesar US$ 48 juta atau setara dengan 686 miliar rupiah hanya dalam kurun waktu tiga hari pemutaran.

Jumlah tersebut mereka peroleh lewat pemutaran 3.726 bioskop di negara tersebut dalam minggu debut film. Angka itu pastinya melebihi ekspetasi para tim produksi film. Selain itu, mereka juga berhasil mencetak rekor baru.

Rekor baru yang A Quiet Place pecahkan adalah film dengan pendapatan tertinggi di film-film lainnya di masa pandemi. Penayangan franchise A Quiet Place 2 di Indonesia berlangsung sejak 26 Mei 2021 lalu di sejumlah bioskop tanah air. Bahkan film tersebut masih menjadi perbincangan hangat di banyak negara sampai saat ini.

Untuk franshice A Quiet Place 3 penonton masih harus bersabar menunggu penayangannya beberapa tahun lagi.

Pos terkait