Game Boy Advance ini dapat mainkan gim PlayStation

  • Whatsapp

Seorang YouTuber baru saja membuat sebuah konsol frankenstein dimana dia dapat memainkan gim PlayStation di Game Boy Advance.

Nintendo dan PlayStation pada tahun 90-an dan awal 2000 merupakan rival paling besar dalam industri konsol gaming. Kedua perusahaan tersebut memiliki konsol yang sangat dicintai oleh para gamer di seluruh dunia.

Banyak yang mengatakan bahwa Nintendo dan PlayStation tidak akan menyatu. Namun, hal ini terpatahkan oleh apa yang dilakukan oleh seorang YouTuber yang berhasil menggabungkan dua konsol gaming era tersebut menjadi satu.

Dalam sebuah video yang diposting baru-baru ini, terlihat bahwa dirinya berhasil membuat sebuah Game Boy Advance dapat menjalankan gim PlayStation generasi pertama. Tentu saja, hal ini cukup menarik.

DIlansir dari Engadget (24/11), bahwa sang kreator bernama Rodrigo Alfonso menggunakan Raspberry Pi 3 untuk melakukan hal tersebut. Dia kemudian menggunakan emulator untuk memainkan gim PlayStation.

Untuk membuatnya terlihat original, dia membuat sirkuit baru menggunakan pin yang ada di Raspberry Pi 3 untuk menyambungkannya dengan komputer mini dan kontroler. Selain itu, karena keterbatasan dari perangkat tersebut, dia harus mengorbankan beberapa hal.

Salah satunya adalah karena keterbatasan prosesor GBA, dia harus mengorbankan resolusi layar. Dia pun menurunkan resolusinya hingga 240 x 160, jika gamer merasa frame rate tinggi itu penting.

Namun, ajaibnya konsol frankenstein ini dapat menjalankan beberapa gim tanpa masalah. Dia mendemokan dengan menjalankan Crash Bandicoot dan Spyro the Dragon dengan frame rate yang baik, meski sesekali muncul  beberapa artefak pada video tersebut.

Pengguna pun dapat melakukan overclock prosesor GBA untuk meningkatkan frame rate dan kualitas. Namun, gamer harus membuat kartrid dan memuat kode sendiri, yang untungnya sudah diunggah Alfonso. 

Pos terkait