GM beli saham startup kapal listrik Rp2,1 triliun

  • Whatsapp

Pure Watercraft adalah salah satu dari sejumlah perusahaan startup yang mencoba mentenagai perahu dengan listrik.

General Motors (GM) telah membeli 25% saham di Pure Watercraft, sebuah startup berbasis di Seattle yang memproduksi motor listrik dan baterai untuk kapal. Kesepakatan ini bernilai USD150 juta (Rp2,1 triliun).

Kedua perusahaan tersebut tidak merinci pembagian saham antar perusahaan. Namun menurut laporan, GM “akan menjadi pemasok komponen untuk Pure watercraft, kerja sama produk baru, dan akan memberikan keahlian teknik, desain, dan manufaktur untuk membantu Pure Watercraft mendirikan pabrik baru”.

Dilansir dari The Verge (23/11), GM mencapai kesepakatan serupa dengan Lordstown Motors pada tahun 2020 sebagai bagian dari kerja sama startup truk pickup listrik. Sebagian besar nilai yang dikaitkan dengan kesepakatan itu adalah pabrik GM yang dijual ke Lordstown Motors, yang sekarang dibeli oleh Foxconn sebagai bagian dari dorongan perusahaan ke kendaraan listrik.

GM juga pernah memiliki kesepakatan untuk menerima USD2 miliar saham (Rp28,5 triliun) saham di startup truk hidrogen-listrik Nikola dengan imbalan akses ke suku cadang, komponen, dan beberapa manufaktur. Namun kesepakatan ini tidak berkembang setelah Nikola dituduh melakukan penipuan pada September 2020.

Perusahaan mobil itu membuat taruhan yang jauh lebih sulit di luar kancah kendaraan listrik. Mereka membeli startup kemudi otonom Cruise pada tahun 2016, dan mendukung MIT yang berfokus pada baterai pada tahun 2015.

“Kami menghadirkan platform hardware yang akan membantu menempatkan semua orang di dalam kendaraan listrik – bahkan di luar kendaraan kami sendiri. Platform baterai Ultium dan platform sel bahan bakar HYDROTEC kami memberi kami potensi untuk membuat pesawat, kereta api, mobil, dan bahkan kapal menjadi produk tanpa emisi,” kata CEO GM, Mary Barra.

Pure Watercraft adalah salah satu dari sejumlah perusahaan startup yang mencoba mentenagai perahu dengan listrik. Perusahaan ini menjual motor tempel dan kemasan baterai kedap air, dan juga bekerja sama dengan sejumlah pembuat perahu untuk menjual perahu listrik siap pakai dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Pos terkait