Ini penyebab serangan hacker streamer Twitch

  • Whatsapp

Untungnya, pihak Twitch telah mengatasi masalah ini dan memastikan kredensial apapun, termasuk kata sandi tidak terekspos di internet.

Beberapa waktu lalu disebutkan akun para streamer di Twitch telah diretas secara besar-besaran. Tentu saja, hal ini menjadi perhatian banyak orang karena merupakan kejadian yang luar biasa.

Pihak Twitch sendiri sudah merespon peretasan tersebut dengan berkata hal ini terjadi karena peretasan terhadap kode sumber, angka pembayaran streamer, dan informasi lainnya, yang diawali perubahan konfigurasi server.

“Hal ini terjadi karena kesalahan dalam perubahan konfigurasi server Twitch yang kemudian diakses oleh pihak ketiga yang jahat,” kata perwakilan Twitch, seperti dikutip dari laman Engadget (8/10).

Mereka mengatakan, saat ini tim pengembang sedang bekerja keras untuk menyelidiki serangan itu. Hasilnya kemudian akan diungkap secepatnya.

Situs streaming milik Amazon tersebut menambahkan, tidak ada indikasi kredensial apapun termasuk kata sandi yang terungkap. “Selain itu, nomor kartu kredit lengkap tidak disimpan oleh Twitch, jadi nomor kartu kredit lengkap tidak diekspos,” ujarnya. 

Twitch juga mengatakan mereka sangat berhati-hati atas insiden ini, dan mereka mengatur ulang semua kunci streaming serta menyediakan tautan kepada streamer untuk mendapatkan kunci streaming yang baru. 

Bergantung pada perangkat lunak siaran yang streamer gunakan, mereka mungkin perlu memperbarui perangkat lunak secara manual untuk memulai streaming baru. “Pengguna Twitch Studio, Streamlabs, Xbox, PlayStation, dan Twitch Mobile App tidak perlu melakukan tindakan apa pun agar kunci baru mereka berfungsi. Sedangkan pengguna OBS yang telah menghubungkan akun Twitch mereka juga tidak perlu melakukan tindakan apa pun.”

Namun, jika streamer belum menghubungkan akun OBS ke Twitch, mereka harus menyalin streaming secara manual dari Dasbor Twitch dan menempelkannya ke OBS. “Untuk pengguna metode lain, silakan merujuk ke petunjuk pengaturan khusus untuk perangkat lunak pilihan Anda,” demikian ujar perwakilan Twitch. 

Pos terkait