Ini penyebab server Facebook tidak dapat diakses

  • Whatsapp

Wakil presiden infrastruktur Facebook, Santosh Janardhan, mengungkapkan alasan mengapa Facebook dkk tidak dapat diakses selama beberapa jam.

Layanan Facebook pada Senin lalu sempat mengalami masalah secara global. Para pengguna tidak dapat mengakses semua layanan Facebook, termasuk Instagram dan juga WhatsApp selama beberapa jam.

Pihak Facebook sudah berhasil mengatasi hal tersebut setelah beberapa jam melakukan perbaikan. Tapi, mereka tidak langsung memberikan alasan mengapa para pengguna tidak dapat mengakses aplikasi tersebut.

Tapi, baru-baru ini pihak Facebook mulai terbuka dengan apa yang terjadi di platform sosial medianya kemarin. Menurut wakil presiden infrastruktur perusahaan, Santosh Janardhan, tumbangnya sistem mereka dimulai dengan apa yang seharusnya merupakan pemeliharaan rutin. 

“Di beberapa titik kemarin, sebuah perintah dikeluarkan yang seharusnya menilai ketersediaan jaringan tulang punggung yang menghubungkan semua fasilitas komputasi Facebook yang berbeda. Sebaliknya, perintah tersebut secara tidak sengaja memutuskan koneksi tersebut,” kata Janardhan, seperti dikutip dari laman Engadget (6/10).

Ketika server DNS Facebook tidak dapat terhubung ke pusat data utama perusahaan, mereka berhenti mengirimkan informasi perutean border gateway protocol (BGP) yang dibutuhkan setiap perangkat di internet untuk terhubung ke server.

“Akhirnya server DNS kami menjadi tidak terjangkau meskipun masih beroperasi. Ini membuat seluruh internet tidak mungkin menemukan server kami,” kata Janardhan.

Pos terkait