Ini prosesor AMD yang digunakan di Steam Deck

  • Whatsapp

Ternyata, AMD dan Valve menggunakan CPU yang setara dengan Ryzen 3 Pro 4450U, namun hadir dengan RAM LPDDR5.

Valve dan AMD pada akhirnya mengumumkan detail mengenai CPU custom yang dipakai di konsol handheld milik Valve, yakni Steam Deck. Ternyata, mereka menggunakan konfigurasi CPU yang unik untuk konsol genggam tersebut.

Mereka memilih untuk menggunakan CPU berbasis AMD Van Gogh APU, yang didasarkan oleh arsitektur Zen 2 dengan GPU RDNA2. AMD dan Valve menyebut CPU custom yang satu ini sebagai Aerith.

Aerith menggunakan empat core dan delapan thread dengan kecepatan clock antara 2,4 GHz dan 3,5 GHz. CPU berbasis Zen 2  ini menghadirkan kinerja FP32 puncak hingga 448 GFLOP. Ini memang bukan cara terbaik untuk mengukur performa CPU, tapi hanya data ini yang disediakan mereka.

Wccftech (15/11) melaporkan bahwa CPU custom ini kemungkinan akan setara dengan Ryzen 3 Pro 4450U yang memiliki 473,6 GFLOPs. CPU ini juga merupakan chip Zen 2 quad-core delapan-thread yang menggunakan daya 15W.

Untuk TDP sendiri, Aerith tidak memiliki TDP pasti. Namun demikian, pihak Valve mengatakan bahwa mereka mendesak pengembang game untuk menerapkan pembatas framerate, yang berarti TDP dari CPU ini cukup terbatas.

Alasan mereka adalah agar Steam Deck akan dapat dimainkan dalam waktu yang cukup panjang, namun tetap memiliki grafis yang memuaskan. Selain itu, thermal juga menjadi salah satu hal yang mereka perhatikan.

Di sisi grafis, ada delapan Compute Unit (CU) RDNA 2 yang menyertai keempat inti Zen 2. Kecepatan GPU ini ada di antara 1 GHz hingga 1,6 GHz. Pengguna juga mendapatkan fitur FidelityFX Super Resolution (FSR) dan DirectX 12 Ultimate. 

Di atas kertas, unit RDNA 2 di CPU ini memiliki kinerja 1,6 TFLOP di FP32. Performanya sebanding dengan GeForce MX450 yang memiliki 1,67 TFLOPs. Tapi, dalam beberapa pengujian awal, perangkat ini dapat menjalankan gim di atas 60 fps.

Terakhir, untuk RAM, mereka menggunakan memori LPDDR5 16GB dengan VRAM 1GB. Pihak Valve mengatakan bahwa gim modern akan dapat berjalan dengan memori 8GB atau 12GB, sehingga dengan RAM 16GB pun semuanya dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, memori LPDDR5 adalah pilihan tepat karena APU AMD sangat menyukai bandwidth. Dengan total bandwidth hingga 88 GBps, pengguna akan mendapatkan performa terbaik saat bermain gim.

Namun sayangnya, Steam Deck yang awalnya dijadwalkan untuk debut pada bulan Desember, harus diundur sampai Februari 2022 mendatang. Hal ini dikarenakan kelangkaan chipset yang masih terjadi hingga saat ini.

Pos terkait