Ini prosesor Kuantum baru IBM

  • Whatsapp

Memiliki komputasi kuantum sebesar 127 qubit, IBM resmi memperkenalkan prosesor kuantum terbaru bernama Eagle.

IBM membuat terobosan baru dalam membuat prosesor untuk komputer kuantum. Hal ini ditandai dengan diperkenalkannya Eagle, yang merupakan prosesor kuantum terbaru perusahaan. IBM menyebut, Eagle memiliki kekuatan komputasi sebesar 127 qubit, yang merupakan angka yang fantastis.

Menurut IBM, Eagle adalah prosesor pertama yang tidak dapat disimulasikan oleh superkomputer klasik. Ini berarti, untuk mensimulasikan Eagle, mereka akan membutuhkan lebih banyak bit klasik daripada atom yang ada di setiap manusia di planet ini. 

IBM berhasil mendesain teknologi baru yang menempatkan komponen kontrol prosesor pada beberapa tingkat fisik, sementara qubit terletak pada satu lapisan. Ini adalah desain yang menurut perusahaan memungkinkan peningkatan daya komputasi yang signifikan, seperti lapor Engadget (15/11).

Salah satu aspek Eagle yang tidak dibicarakan perusahaan saat ini adalah volume kuantum. Seperti diketahui, pengukuran ini adalah cara pengukuran yang mencoba mengukur kinerja komputer kuantum dengan mengambil pandangan holistik dari beberapa bagian yang berbeda.

Tidak hanya memperhitungkan qubit, tetapi pengukuran ini juga sebagai salah satu cara mereka berinteraksi satu sama lain. Semakin tinggi volume kuantum, semakin mampu komputer kuantum dalam menangani masalah yang sulit.

“Prosesor Eagle 127-qubit pertama kami tersedia sebagai sistem eksplorasi di IBM Cloud untuk memilih anggota Jaringan Quantum IBM,” kata direktur unit Pengembangan Sistem Perangkat Keras Quantum IBM, Jerry Chow.

“Sistem eksplorasi adalah akses awal ke teknologi terbaru kami, jadi kami tidak menjamin waktu aktif atau tingkat kinerja tertentu yang dapat diulang, yang diukur dengan volume kuantum.”

Pos terkait