Ini standar baru konektor daya PCIe gen 5

  • Whatsapp

Konektor daya untuk PCIe gen 5 dikabarkan akan dapat memberikan daya hingga 600W dengan menggunakan tipe konektor MicroFit 12-pin baru.

Intel dan AMD akan segera beralih dari penggunaan PCIe generasi ke-4 ke PCIe generasi ke-5 dalam waktu dekat ini. Ini berarti, para pabrikan GPU akan membuat GPU yang lebih bertenaga karena slot PCIe gen 5.0 akan memberikan kecepatan transfer yang lebih besar dari pendahulunya.

Ini berarti, kita akan segera melihat konektor daya yang lebih bertenaga dalam waktu dekat ini. Hal ini dikarenakan GPU saat ini dapat menyedot daya yang sangat tinggi untuk mencapai performa tertinggi.

Dalam sebuah bocoran terbaru, diketahui bahwa berbagai vendor GPU sedang membuat standar konektor baru untuk GPU PCIe gen 5.0. Konektor baru ini dikabarkan dapat mengirim daya hingga 600W.

Seperti diketahui, NVIDIA sebelumnya telah memperkenalkan konektor daya baru mereka yang menggunakan MicroFit 12-pin. Tapi, para vendor tidak ingin menggunakannya dan kembali ke konfigurasi yang umum digunakan.

Namun, untuk GPU berbasis PCIe gen 5.0, mereka akan menggunakan konektor baru. Mereka akan menggunakan konektor MicroFit 12-pin, namun akan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari apa yang ditawarkan NVIDIA.

Wccftech (11/10) melaporkan bahwa konektor ini dapat menyediakan daya kontinu 55A melalui rel 12V yang akan memungkinkan daya hingga 600W untuk dikirim ke kartu grafis. Standar ini pun akan disebut sebagai PCI Express 12VHPWR.

Meski demikian, konektor daya ini tidak akan dapat kompatibel dengan GPU generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan GPU generasi saat ini menggunakan model konektor yang hanya dapat menampung hingga 450W saja.

Pos terkait