Inspirasi mesin kopi terjangkau untuk pemula

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – PT Toffin Indonesia, perusahaan penyedia solusi bisnis industri hotel, restoran, dan kafe (horeka) meluncurkan dua mesin kopi murah guna mendorong pertumbuhan industri kopi.

“Peluncuran mesin kopi terbaru ini diharapkan mampu membantu pemilik usaha untuk mewujudkan bisnis kedai kopi pemula (coffee shop start-up),” kata Indah Novyanti, Sales Manager Toffin Indonesia dalam keterangannya pada Jumat.

Toffin memperkenalkan mesin kopi murah bermerek Allegra. Allegra terdiri dari tiga tipe yakni Allegra Uno untuk single group, Allegra Doppia untuk double group, dan tipe tertinggi Allegra Lyra.

“Salah satu kendala seseorang untuk membangun bisnis kedai kopi adalah mahalnya sebuah harga mesin kopi. Banyak di antara mereka yang akhirnya mencari mesin murah dengan mengorbankan kualitas. Allegra adalah sebuah jawaban akan produk yang murah tapi memiliki fitur yang komersil,” kata Indah.

Baca juga: Kafe Dangdut diaspora Indonesia resmi dibuka untuk umum di New York

Baca juga: KISAKU hadirkan “drip bag coffee” untuk penikmat kopi di rumah

Allegra Uno misalnya, mesin satu grup ini memiliki heat exchanger boiler, yang memudahkan barista untuk menjadi multitalenta saat bekerja.

Dengan pump vibration dan water tank 3 liter, mesin kopi ini cocok untuk mereka yang ingin membangun kedai kopi berkonsep to-go atau minimalis. Jika dibandingkan dengan mesin espresso dengan harga di bawahnya, Allegra Uno memiliki kualitas mesin yang sangat jauh di atasnya.

Sementara dengan mesin espresso yang ada di atasnya, Allegra Uno justru memiliki spek yang setara dengan harga yang lebih ramah. Allegra Uno dibandrol dengan harga Rp19.000.000 per unit dan mampu membuat kopi lebih dari 50 gelas selama 12 jam operasional.

Allegra Doppia memiliki teknologi pre-infusion, brewing system volumetric dan pump rotary. Mesin ini juga dilengkapi dengan double boiler sehingga kualitas espresso tetap terjaga.

Dengan bentuk yang minimalis dan hemat tempat, mesin espresso ini bisa muat di mana saja serta mampu membuat kopi lebih banyak. Allegra Doppia dibandrol dengan harga Rp33.500.000 per unit.

Sementara Allegra Lyra yang menjadi tipe tertinggi dari Allegra, memiliki keunggulan emergency button, serta lampu di kedua sisi yang bisa membuat mesin espresso terlihat elegan serta mewah.

Allegra Lyra menjadi andalan coffee shop specialty yang butuh mesin kopi terjangkau tapi dengan penampilan yang di atas mesin sekelasnya.

Indah mengklaim, ada empat keuntungan lainnya yang didapatkan apabila memilih mesin Allegra. Pertama, mesin ini dibuat di Italia yang terkenal akan kualitas mesin kopinya. Kedua, adanya jaminan garansi dan suku cadang selama satu tahun dari Toffin.

“Ketiga, pemilik usaha akan mendapatkan pelatihan barista dan pengembangan menu secara gratis. Keempat, pemilik usaha juga berkesempatan mendapatkan harga spesial berupa paket bundling dengan mesin penggiling kopi,” kata dia.

Sementara itu, Viki Rahardja, seorang coffee influencer, menuturkan, mesin kopi murah mampu membangkitkan kembali geliat bisnis kedai kopi di Indonesia.

Apalagi mesin-mesin ini juga memiliki penampilan yang menarik, sehingga pemilik usaha bisa mendapatkan performa terbaik secara rasa dan kualitas.

Dengan ukurannya yang minimalis, Allegra Uno dan Doppia cocok digunakan terutama untuk pemilik usaha yang ingin bergabung dengan cloud kitchen. Pemilik usaha bisa menjalankan bisnis tanpa mengandalkan gerai fisik. Mereka hanya perlu hadir di berbagai platform delivery online hingga ecommerce yang memiliki jaringan luas.

“Di masa pandemi banyak kedai kopi yang mulai mengecangkan ikat pinggang untuk menekan biaya operasional. Mesin Allegra mampu menjadi alternatif pilihan untuk merintis usaha tanpa harus mengeluarkan biaya dan tempat yang besar,” kata dia.

Baca juga: Produk mesin sangrai Temanggung diminati para pelaku kopi

Baca juga: Indonesia adakan lomba barista pada festival kopi Mesir

Baca juga: KEHATI dorong penguatan kelembagaan MPIG kopi Flores

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait