Instagram akan satukan semua konten video dalam satu kanal

  • Whatsapp

Setiap video IGTV dan Feed yang berdurasi kurang dari 15 menit akan dimasukkan ke dalam kanal Reels secara otomatis.

Instagram hari ini (17/11) mengumumkan rencananya untuk menyatukan semua konten video berdurasi kurang dari 15 menit masuk ke dalam tab Reels. Fitur video pendek yang pertama kali diluncurkan pada Juni 2021 ini mengalami pertumbuhan yang signifikan khususnya di kalangan pengguna Indonesia.

Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia menjelaskan, Instagram saat ini memiliki beberapa tab atau kanal untuk konten video. Ini termasuk Feed, Instagram TV, dan Reels. Namun dengan menyatukan setiap video dalam satu kanal, platform mungkin akan memberikan kemudahan kepada para kreator. Oleh karena itu, Instagram melakukan uji coba untuk memastikannya.

“Kita melihat bahwa dengan kita menggabungkan ini dan semuanya dibuat jadi simpel untuk para pengguna, apakah itu bisa menjadi lebih mudah. Jadi, itu yang menjadi target uji coba tersebut,” kata Pieter dalam Konferensi Pers Virtual Instagram.

Video dari IGTV atau Feed yang berdurasi kurang dari 15 menit akan masuk ke dalam timeline Reels yang dapat ditemukan di tab atau kanal Reels. Sementara, video dengan durasi lebih dari itu akan tetap berada di kanalnya masing-masing. Penggabungan kanal video ini tidak mengikutsertakan Instagram Story dan Live.

Uji coba hanya akan dilakukan di Indonesia dan Jepang. Dipilihnya Indonesia karena merupakan salah satu negara dengan pengguna paling aktif di Reels. Pieter mengungkapkan, uji coba akan dilakukan selama beberapa bulan, tapi tidak menyebutkan waktunya.

Pos terkait