Intel akan buka pabrik di Italia

  • Whatsapp

Secara khusus, pabrik chip baru di Italia akan sejalan dengan dorongan kelompok AS yang berupaya membangun pabrik berbasis semikonduktor canggih di Eropa.

Roma tampaknya berusaha untuk memenangkan Intel dan telah menginvestasikan miliaran dolar untuk membangun pabrik pembuatan chip di Italia. Berita ini tiba di tengah kekurangan semikonduktor global yang telah memengaruhi berbagai ekonomi dan industri di seluruh dunia.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut telah mengungkapkan bahwa Italia sedang menyusun penawaran untuk meyakinkan Intel untuk menyiapkan situs produksi chip mutakhir di negara Italia, sebagaimana laporan dari Reuters. Menurut tiga sumber, pemerintah negara itu sudah melakukan pembicaraan dengan tim Intel mengenai potensi investasi, dengan perkiraan awal lebih dari 4 miliar euro (Rp66 triliun).

Secara khusus, pabrik chip baru di Italia akan sejalan dengan dorongan kelompok AS yang berupaya membangun pabrik berbasis semikonduktor canggih di Eropa. Ini, pada gilirannya, akan membantu mencegah kekurangan besar atau kendala pasokan di masa mendatang. Sebagai informasi, dunia saat ini sedang menghadapi kekurangan chipset secara global. Masalah pasokan begitu besar sehingga produksi mobil untuk pabrikan tertentu telah dihentikan seluruhnya awal tahun ini.

Dilansir dari Gizmochina (26/10), tampaknya sekarang Roma siap mendanai sebagian dari rencana multi miliar dolar tersebut yang dapat mencapai 8 miliar euro (Rp131,3 triliun) hanya untuk membangun pabrik chip mutakhir dengan Intel. Pabrik ini juga akan menciptakan lebih dari 1.000 lapangan pekerjaan di negara ini.

“Pemerintah sedang mempersiapkan penawaran yang sangat rinci dengan tujuan mencapai kesepakatan pada akhir tahun. Diskusi dengan Intel berada pada tahap lanjut. Belum ada kesepakatan, tetapi jika pemerintah bekerja keras dalam hal ini, ia memiliki peluang bagus untuk membawa pabrik ke Italia”, kata salah satu sumber kepada Reuters.

Pos terkait