Intip Kandungan Nutrisi Menu 3 Resto Cepat Saji Terbesar, Mana Paling Tak Sehat?

  • Whatsapp

Suara.com – Siapa sih yang enggak kenal dengan KFC, McDonald‘s, dan Burger King? Ketiga rantai makanan tersebut menjamur dalam masyarakat karena praktis dikonsumsi dan cepat saji

Dalam hal ini, para ahli di Chewsygum.com telah membandingkan tiga rantai makanan cepat saji terkemuka tersebut. Mereka mencoba menguji makanan mana yang paling berkalori.

Melansir dari Thenorthernecho, situs tersebut mengumpulkan data dengan menganalisis informasi nutrisi yang disediakan oleh setiap rantai makanan cepat saji di situs web mereka dan rata-rata asupan gula, garam, kalori, dan lemak per pilihan makanan utama. Berikut rincian kandungan dari tiap-tiap rantai makanan cepat saji, antara lain:

1. Kalori

Baca Juga: Timbulkan Kerumunan, Wabup Bogor Minta Satgas Covid-19 Untuk Awasi McDonald’s

Dengan berbagai pilihan makanan, pendamping, dan minuman untuk dipilih, McDonald’s mengalahkan KFC dengan rata-rata kalori per porsi ‘Happy Meal’ sebesar 381,71 KCAL. Sementara ayam goreng KFC mencapai 376,67 KCALS per porsi.

Pada Burger King, kalori rata-rata mereka terendah karena rata-rata makanan hanya mengandung 269,08 KCAL per porsi.

2. Lemak

McDonald’s tidak hanya memiliki rata-rata kalori tertinggi tetapi juga kandungan lemak tertinggi, dengan 13 gram lemak per porsi. Berada di urutan kedua, KFC sendiri mengandung 11,43 gram lemak per porsi.

Terakhir, Burger King menunjukkan gram lemak terendah per porsi (9,83). Di antara ketiga rantai makanan cepat saji yang dipilih, Burger King adalah yang terendah untuk keempat rata-rata konten (kalori, lemak, gula, dan garam).

Baca Juga: Diiringi Lagu BTS, BTS Meal McDonald’s Dibakar!

3. Gula

Chewsy menemukan bahwa dari tiga rantai makanan cepat saji yang dipilih, KFC melebihi (20,3 gram) asupan gula harian anak-anak antara usia empat dan enam (19 gram) sebesar 6,8 persen. KFC juga hampir melebihi asupan harian untuk anak-anak antara tujuh dan 10 (24 gram).

McDonald’s memiliki rata-rata empat sendok teh gula dalam ‘Happy Meals’ mereka. Mereka hampir mencapai asupan gula harian untuk anak-anak antara usia empat hingga enam tahun dengan menyajikan rata-rata 17,39 gram gula setiap kali makan.

Dari tiga rantai makanan cepat saji, Burger King menyajikan hampir setengah dari rata-rata gula KFC. Burger King memiliki 10,92 gram gula, 9,38 gram lebih rendah dari KFC dan hampir setengah jumlah sendok teh dibandingkan dengan McDonald’s.

Restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). (Shutterstock)
Restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). (Shutterstock)

4. Garam

KFC tidak hanya memegang gelar untuk kadar gula tertinggi, tetapi mereka juga memegang rata-rata garam tertinggi (1,37 gram). Rata-rata makanan KFC merupakan 45,7 persen dan 27,4 persen dari rata-rata garam harian untuk anak usia empat hingga enam tahun (3 gram) dan tujuh hingga 10 tahun (5 gram). Sementara McDonald’s memiliki 1,29 gram garam per porsi, 0,08 gram lebih rendah dari KFC.

Kemudian pada Burger King mengandung rata-rata 1 gram garam per porsi makanan.

Pos terkait