Investasi Reksa Dana kini bisa gunakan GoPay

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Aplikasi Gojek melalui fitur GoInvestasi dan layanan pembayaran digital GoPay kini bisa digunakan untuk berinvestasi reksa dana digital mulai dari Rp15 ribu. Inovasi ini merupakan hasil kolaborasi GoPay dengan Pluang Grow.

“Saat ini, masyarakat sudah makin melek keuangan dan tren investasi pun juga makin meningkat. Melalui GoInvestasi, kami menghadirkan cara berinvestasi yang memudahkan mereka yang ingin mulai berinvestasi, serta pilihan investasi yang beragam yang sesuai dengan profil risiko konsumen,” kata Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria melalui keterangannya, Selasa.

“Bersama dengan Pluang Reksa Dana powered by Pluang Grow sebagai APERD yang telah berlisensi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), GoInvestasi pun menghadirkan platform dan produk investasi yang kredibel dan terpercaya untuk masyarakat,” imbuhnya.

Ia kemudian memaparkan riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang dipublikasikan pada Oktober 2021 menunjukkan bahwa konsumen dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan pemasukan secara merata menggunakan GoPay untuk investasi digital, seperti reksa dana dan emas. Hasil riset mengemukakan bahwa 3 dari 5 konsumen yang berinvestasi digital menggunakan GoPay untuk berinvestasi.

Lebih lanjut, 46 persen dari mereka yang berinvestasi menggunakan GoPay memilih reksa dana sebagai jenis investasinya. Temuan ini sejalan dengan data internal GoPay. Pada 2020, nilai transaksi pembelian produk investasi menggunakan GoPay meningkat sampai dengan 7 kali lipat.

Fibriyani lebih lanjut memaparkan, masyarakat memiliki fleksibilitas dalam memilih jenis investasi yang sesuai dengan keinginan. GoInvestasi memperkenalkan produk Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Pendapatan Tetap.

“Pluang bersama dengan GoInvestasi menghadirkan akses yang mudah dan aman guna menjawab kebutuhan masyarakat tersebut. Kami juga berharap bahwa kemudahan ini dapat makin mendorong munculnya investor-investor baru ke depannya,” kata Co-Founder Pluang Claudia Kolonas.

Untuk mulai berinvestasi, calon investor perlu mendaftarkan akunnya di GoInvestasi. Jika telah terverifikasi, calon investor cukup mengikuti 5 langkah mudah berikut ini.

Pertama, pilih produk reksa dana yang ingin dibeli, lalu klik “Beli”. Kemudian, masukkan nominal yang ingin diinvestasikan, baca dan setujui Syarat dan Ketentuan, lalu klik “Lanjutkan” dan klik “Konfirmasi & Bayar”.

Lebih lanjut, masukkan PIN GoPay dan setelah itu calon investor akan kembali ke halaman ringkasan transaksi atau Order Details GoInvestasi.

Selain membeli, investor juga dapat menjual reksa dananya lewat GoInvestasi dan dana yang ditarik akan langsung dikirim ke rekening bank yang sudah didaftarkan.

Investor hanya perlu memantau pertumbuhan investasinya di GoInvestasi, dan akan menerima laporan investasi dari Manajer Investasi mengenai dana yang diinvestasikan (Fund Fact Sheet) setiap bulannya. Laporan tersebut memuat: Kinerja produk, komposisi aset, dan portofolio sekuritas.

Baca juga: GoPay luncurkan program Jaminan Saldo Kembali

Baca juga: Daftar e-commerce dan program Harbolnas 11.11

Baca juga: Pasar tradisional Makassar mulai gunakan transaksi digital QRIS

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait