Jadi negara paling aktif, ini 5 konten Reels terpopuler di Indonesia

  • Whatsapp

Salah satu faktor yang membuat Reels berkembang dengan cepat di Indonesia adalah konten yang beragam.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna paling aktif di Reels, Instagram. Menurut Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian, ini disebabkan oleh kegemaran orang Indonesia terhadap video. Data Instagram menunjukkan, sebanyak 50% dari waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram adalah menonton video.

“Kami meluncurkan Reels di Indonesia pada bulan Juni lalu dan pertumbuhannya itu sangat bombastis. Hanya dalam beberapa bulan saja angka persentase pengguna di Asia Tenggara yang membuat Reels hari itu sudah melampaui dari angka rata-rata global. Dan Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan Reels tercepat di Asia Tenggara,” kata Pieter.

Menurut Revie Sylviana, Direktur Program Hiburan Meta Indonesia, faktor lain yang membuat Reels berkembang dengan cepat di Indonesia adalah konten yang beragam. Konten di Reels begitu relevan dengan budaya dan perilaku orang Indonesia, sehingga dapat dengan cepat menggaet pengguna.

Nah, berikut ini adalah 5 tema konten terpopuler yang banyak dibuat oleh pengguna Reels di Indonesia menurut Instagram.

Komedi menjadi konten paling populer di antara konten-konten lainnya yang dibuat oleh kreator di Indonesia. Salah satu komedian yang kerap membuat konten komedi di Reels adalah Acho. Tips dari Acho, membuat video komedi tidak perlu estetik karena yang natural akan lebih dekat dengan penonton.

  • Cinta dan Keluarga

Tema konten berikutnya adalah Cinta dan Keluarga. Tema ini cukup banyak digunakan para kreator khususnya anak muda untuk masalah percintaan. Sementara untuk tema keluarga, biasanya membagikan momen-momen lucu buah hati atau anggota keluarga lainnya.

Tema ini sudah melekat di Instagram. Selain membagikan foto OOTD di Feed, kini kreator juga membuat konten terkait di Reels dalam format video, misalnya tips mencocokkan baju. Tema ini juga kerap dimanfaatkan untuk membuat konten kerjasama dengan suatu brand fesyen.

  • Meditasi Mata

Disebut meditasi mata, karena menurut Revie konten-konten di dalamnya dapat menyejukkan mata penonton. Ini meliputi video-video liburan, pemandangan, rekomendasi staycation, dan lainnya. Di era pandemi ini, konten meditasi mata menjadi pilihan yang tepat karena dapat memotivasi penonton yang sudah bosan dengan produktivitas di dalam rumah.

  • Doa dan harapan

Orang Indonesia dikenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi. Maka dari itu, konten bertajuk doa dan harapan juga termasuk yang populer di Reels. Banyak yang memberikan harapannya dan mendoakan sesuatu hal yang sedang terjadi. Ini juga ditandai dengan hari kemerdekaan, dimana kreator menyebutkan harapannya untuk Indonesia.

Pos terkait