Jadi penggemar, Taika Waititi bagikan tips nonton Squid Game

  • Whatsapp

Sutradara Marvel, Taika Waititi menyarankan agar penonton menonton Squid Game dengan suara asli aktornya.

Taika Waititi belum lama ini mengungkapkan pemikirannya tentang cara terbaik untuk menonton Squid Game sebagai penggemar. Waititi adalah seorang penulis, aktor, dan pembuat film yang terkenal menyutradarai Thor: Ragnarok. Ia juga menyutradarai film MCU yang akan datang, Thor: Love and Thunder. Sutradara penerima Oscar ini rupanya adalah salah satu penggemar Squid Game, berdasarkan tweet-nya baru-baru ini.

Waititi melalui cuitan di Twitter mengungkapkan dia adalah penggemar drama Korea Netflix yang kini sedang populer, Squid Game. Dia bahkan menyarankan cara yang tepat untuk menonton drama tersebut. Waititi mengutarakan agar penonton tidak menggunakan sulih suara Inggris dan menggunakan suara aktor aslinya.

“Anda tidak perlu menonton Squid Game yang di-dubbing dalam bahasa Inggris,” kata salah satu cuitan Waititi. Tidak sampai di situ, Waititi juga merespon balasan dari akun lain yang mengklaim bahwa pengisi suara bahasa Inggrisnya terdiri dari aktor-aktor ternama, seperti Greg Chun (Star Wars: Vision), Paul Nakauchi (Overwatch), dan Tom Choi (Mortal Kombat).

Ada perdebatan di antara penggemar Squid Game mengenai pemakaian dubbing bahasa Inggris atau hanya terjemahan teks bahasa Inggrisnya. Beberapa penonton seperti Waititi memilih untuk menonton serial dalam bahasa aslinya agar lebih menghargai para aktor.

Namun, belakangan banyak yang menyayangkan terjemahan teks juga merusak dialog yang sebenarnya, dan menghilangkan banyak konteks budaya dalam adegan. Sementara itu, penggemar lainnya berpendapat, menonton dengan sulih suara bahasa Inggris tidak mengurangi emosi karakter. Sebab, Netflix memilih pemeran aktor suara yang berbakat.

Film atau serial asing memang sering menjadi batasan bagi penonton internasional. Terlepas dari bagaimana penggemar memilih untuk menonton Squid Game, yang penting adalah bagaimana mereka menghargai pertunjukan karena plotnya, tema yang mendasari, dan pencitraan yang spektakuler. 

Meskipun merupakan drama Korea, Squid Game dapat dinikmati oleh penggemar dari semua latar belakang, di mana pun berada. Keberhasilannya yang meroket ini memberikan pengaruh internasional Netflix tidak hanya di Asia tetapi juga seluruh dunia.

Pos terkait