Kampus UMKM Shopee Jakarta sediakan solusi digitalisasi hulu ke hilir

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, mengatakan bahwa pembukaan Kampus UMKM Jakarta menjadi bagian dari komitmen jangka panjang Shopee dalam menyediakan solusi digitalisasi dari hulu hingga hilir bagi UMKM.

“Kampus UMKM Shopee di Jakarta didirikan khusus untuk memfasilitasi para pelaku UMKM di Ibukota agar mendapatkan peluang bisnis digital secara optimal,” kata Handhika saat peresmian Kampus UMKM Shopee Jakarta di Pakuwon Office Tower, Jakarta Selatan, Rabu.

Baca juga: Kisah dua pahlawan masa kini, beri kesempatan kerja ratusan orang

Ia mengatakan pembukaan Kampus tersebut merupakan wujud apresiasi Shopee bagi UMKM yang telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Menurut Handhika, pelaku UMKM dapat disebut sebagai pahlawan masa kini yang terus menggerakkan roda perekonomian, terutama di masa pandemi.

“Pemulihan ekonomi Indonesia akan bergantung pada UMKM kita. Jika kita bisa membuat UMKM semakin tangguh, kita dapat membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri,” katanya.

Melalui Kampus UMKM ini, Handika menargetkan untuk memperkenalkan bisnis digital pada berbagai UMKM di Jakarta yang bukan saja bisa memulai berjualan online tetapi juga dapat naik kelas.

“Setelah naik kelas nanti mereka juga membuka pasar yang lebih luas, semoga bisa sampai ke panggung dunia. Dengan kampus ini, komitmen kami menggandeng dan membimbing UMKM dari hulu ke hilir,” ujarnya.

Kampus UMKM Shopee Jakarta bertempat di Pakuwon Office Tower, Lantai 47, Jakarta Selatan. Handika mengatakan seluruh fasilitas di kampus ini bisa dinikmati secara gratis oleh UMKM lokal.

“Di sini ada dari hulu ke hilir, dari beginner sampai advance. Jadi kami lebih terbuka asal mereka datang dan punya kemauan. Idealnya mereka sudah punya barang (untuk dijual). Kalau tidak punya pun tidak apa-apa, bisa datang dan mendapatkan inspirasi. Kami terbuka untuk semua,” terang Handhika.

Kampus UMKM Shopee Jakarta menyediakan berbagai program pelatihan dan layanan fasilitas. Pelatihan tersebut mencakup pengetahuan tentang cara berjualan secara online, mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan, serta pengenalan cara menggunakan aplikasi Shopee beserta fitur pendukung agar penjualan lebih efektif.

“Bukan hanya training, kami juga melakukan pendampingan one on one, yakni bimbingan dan problem solving untuk membesarkan masing-masing UMKM yang dilakukan secara privat atau personal,” ujar Handhika.

Selain itu, tersedia pula ruang pelatihan untuk UMKM, ruang foto produk dan spot live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten pemasaran, serta fasilitas bantuan sebagai pusat edukasi serta simulasi gudang.

“Hari ini tidak akan terjadi tanpa kolaborasi, Shopee mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas dukungan, bantuan, dan kehadirannya hari ini. Mari kita terus berkolaborasi dan bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia,” kata Handhika.

Baca juga: Pemprov DKI apresiasi kehadiran Kampus UMKM Shopee di Jakarta

Baca juga: Shopee catat peningkatan produk UMKM 8 kali lipat di 11.11 Big Sale

Baca juga: Daftar e-commerce dan program Harbolnas 11.11

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait