Kasatgas COVID-19 ajak warga Rusun Petamburan vaksinasi

  • Whatsapp

Memudahkan kita-kita ini. Jadi enggak jauh

Jakarta (ANTARA) – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengajak masyarakat di Rusun Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat vaksinasi agar memiliki ketahanan tubuh terhadap COVID-19 dan tetap sehat.

“Sudah divaksin ya? Ajak keluargamu untuk ikut vaksin. Ini semua agar menjaga diri kita (dari COVID-19, red.) dan tetap sehat,” ujarnya kepada salah satu warga Rusun Petamburan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ia meninjau pelaksanaan vaksinasi di Rusun Petamburan bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit.

Menurut Ganip program vaksinasi untuk mendukung tercapainya kekebalan kelompok itu diselenggarakan sesuai perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Melalui pemberian vaksinasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih terjaga dari COVID-19. Tentunya, hal itu harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dilaksanakan secara konsisten.

“Ini adalah sesuai perintah Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 bersama Panglima TNI dan Kapolri juga menyerahkan bantuan berupa sembako bagi para penerima vaksin, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pokok selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan demi memutus rantai penularan COVID-19.

Baca juga: Vaksinasi keliling TNI Polri menyasar daerah pinggiran Jakarta

Selain menyasar kepada warga Rusun Petamburan, pelaksanaan vaksinasi tersebut juga diberikan kepada seluruh warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Ciliwung-Tanah Abang, beberapa warga yang bermukim di pinggiran rel kereta api dan warga lain pada umumnya.

Iswandi, salah satu warga penerima vaksin yang tinggal di Rusun Petamburan, mengungkapkan bahwa program vaksinasi pemerintah yang menyasar di lokasi-lokasi permukiman padat penduduk tersebut sebagai bagus.

Menurut dia, bagi masyarakat seperti dirinya, lebih mudah untuk mengikuti program tersebut.

Selain persyaratannya mudah dan hanya cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), di sisi lain mereka tidak perlu repot harus ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Hal itu juga membuat warga semakin bersemangat untuk mengikuti vaksinasi.

“Memudahkan kita-kita ini. Jadi enggak jauh. Bagus sekali. Saya dulu ragu (divaksin, red.). Tapi sekarang yakin karena itu untuk kita-kita juga ke depannya, untuk jangka panjang. Jadi kita semakin tenang,” imbuhnya.

Adapun pelaksanaan vaksinasi yang diinisiasi oleh sinergitas empat pilar mulai dari Kecamatan Tanah Abang, Koramil Tanah Abang, Polsek Tanah Abang dan Dinas Kesehatan setempat, itu telah diselenggarakan sejak satu minggu yang lalu atau Kamis (15/7).

Rencananya, kegiatan tersebut terus dilakukan hingga akhir Juli 2021 dengan target 500 orang per hari.

Baca juga: 2.795 siswa di Jakarta Selatan telah divaksinasi COVID-19
Baca juga: Kemenkes sebut 548 ribu anak Indonesia telah divaksinasi COVID-19
Baca juga: Anggota DPR: Polri bantu pemerintah percepat vaksinasi COVID-19

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait