Kaum yang Lebih Baik dari Sahabat Nabi

  • Whatsapp

Eramuslim.com – Betapa bahagia dan mulianya generasi awal umat Islam yang hidup bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Mereka langsung menikmati samudera hikmah dari orang yang paling mulia dalam catatan sejarah umat manusia. Mereka membersamai beliau dalam setiap kondisi, hampir dua puluh empat jam di sepanjang usia mereka. Bahagianya.

Saat ada ayat al-Qur’an yang diturunkan, mereka langsung menerimanya sesuai bagaimana diturunkannya. Kemudian menghapal dan menanyakan tafsirnya langsung kepada Rasulullah yang menerima al-Qur’an melalui perantaraan malaikat Jibril ‘Alaihis salam.

Karenanya pula, saat ada suatu persoalan pelik yang belum pernah terjadi, dan mereka tidak mengetahui solusinya, maka mereka bisa langsung bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Selain memang, mereka bisa menikmati pesona akhlak Rasulullah yang disebut oleh ‘Aisyah binti Abu Bakar, bahwa akhlak Nabi adalah al-Qur’an. Pesona akhlak beliau juga mendapat pujian langsung dari Allah Ta’ala melalui firman-Nya dalam al-Qur’an al-Karim.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Pos terkait