Kondisi Menyedihkan Mayat Korban Covid di RS India

  • Whatsapp

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah rumah sakit milik pemerintah India, baru-baru ini dikabarkan meminta keluarga untuk mengidentifikasi sendiri jenazah pasien yang meninggal karena Covid-19 di kamar jenazah rumah sakit tersebut. Jenazah pasien tersebut ditumpuk di lantai ruangan hanya dengan dibalut dengan kantong plastik.

Setelah tindakan tersebut, Rumah Sakit Pemerintah Theni K Vilakku di negara bagian selamat Tamil Nadu, pada Selasa (1/6/2021) mendapatkan kecaman setelah anggota keluarga pasien menyatakan mereka terkejut setelah diminta oleh staf rumah sakit untuk memasuki kamar mayat dan memeriksa tumpukan mayat untuk mengidentifikasi kerabat mereka.

Dilansir dari The Independent, Kepala Rumah Sakit Balaji Nathan mengkonfirmasi insiden tersebut dan mengatakan itu adalah keadaan yang menyedihkan.


Dia menjelaskan, biasanya satu petugas diizinkan masuk ke kamar mayat untuk mengidentifikasi jenazah. Namun, dalam kasus ini, karena ada tumpukan mayat dari malam sebelumnya, tiga anggota staf mengizinkan kerabat masuk.

“Sangat disayangkan dua petugas kamar mayat dan satu petugas keamanan membiarkan anggota keluarga di kamar mayat. Ini ruangan yang sangat kecil,” kata Nathan, dikutip Sabtu (5/6/2021).

Kabar tersebut datang bersamaan dengan sejumlah tangkapan gambar (screenshot) di media sosial yang menunjukkan lebih dari 11 jenazah dibungkus dalam lembaran plastik dan disimpan di lantai kamar mayat.

Investigasi yang dilakukan setelah insiden itu menemukan tiga anggota staf bersalah. Penjaga keamanan yang bertugas telah ditangguhkan sementara tindakan departemen telah diambil terhadap dua petugas kamar mayat.

Nathan menyesali tentang cara mayat-mayat itu ditangani. Dia mengatakan bahwa pada umumnya keluarga dilarang mendekati jenazah pada saat-saat biasa.

Saat ini rumah sakit sedang memperluas kamar mayat dan membangun sistem rak untuk menampung lebih banyak mayat secara sistematis.

Negara ini memang tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Pada April lalu beredar gambar mayat tergeletak di Rumah Sakit Memorial Dr BR Ambedkar di Raipur, Chhattisgarh.

Selain itu, di Uttar Pradesh, mayat pasien Covid-19 yang setengah terbakar ditemukan hanyut di sungai Gangga dan lebih banyak lagi ditemukan terkubur di pasir di tepiannya. Hujan dan angin kencang mengekspos tubuh setengah terkubur yang ditutupi kain kafan hingga menimbulkan kehebohan di India.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Pos terkait