KPK: Korupsi Bukan Hanya Masalah Presiden atau Menteri

  • Whatsapp

Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyebut rasuah merupakan masalah semua pihak di Indonesia. Menurutnya, korupsi di Indonesia bukan cuma urusan KPK, presiden, maupun menteri.
 
“Bahwa korupsi itu bukan masalahnya KPK, bukan masalahnya gubernur, presiden, menteri, ataupun wali kota, dan para pejabat pembuat komitmen (PPK), tapi harus dipahami bahwa korupsi adalah masalah kita bersama,” kata Ghufron melalui telekonferensi di Jakarta, Kamis, 22 Juli 2021.
 
Ghufron mengatakan korupsi di Indonesia baru bisa hilang ketika semua orang berani bergerak. Lembaga Antikorupsi tidak akan bisa menghapus sikap koruptif jika masyarakat diam saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Karena tidak mungkin korupsi itu diselesaikan oleh satu lembaga apapun termasuk KPK sendirian,” ujar Ghufron.
 
Baca: Firli Angkat Topi pada Pegawai Gagal TWK tapi Mau Dibina
 
Ghufron meminta masyarakat mulai mengembangkan budaya antikorupsi. Menurutnya, penegak hukum di Indonesia hanya bisa memaksimalkan penindakan. Perubahan sifat manusia untuk tidak koruptif ada pada diri sendiri.
 
“KPK ingin bergandengan dengan siapapun yang berkomitmen untuk memberantas korupsi dari bumi Indonesia ini,” tutur Ghufron.
 
(ADN)

Pos terkait