Laznas BSMU donasikan Rp106 juta untuk vaksinasi di kampus UI

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) bersama Bank Syariah Indonesia (BSI), bank hasil penggabungan tiga bank syariah BUMN, pada Jumat menyalurkan bantuan tunai Rp106 juta untuk kegiatan sentra vaksinasi COVID-19 di kampus UI Salemba, Jakarta Pusat.

Donasi tersebut disalurkan melalui Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Dinkes catat vaksinasi COVID-19 di Kendari capai 153.490 orang

Direktur Implementation Laznas BSMU, Fauzi Indrianto, berharap bantuan tersebut bisa membantu kegiatan sentra vaksinasi COVID-19 di Kampus UI Salemba. “Bantuan ini diharapkan bisa dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” kata Fauzi dalam siaran pers dikutip Jumat.

RCEO Jakarta 1 dan 2 Bank Syariah Indonesia, Deden Durachman, mengapresiasi pemberian bantuan ini. “Diharapkan ke depan Laznas BSMU bisa semakin aktif dalam menyalurkan bantuan terkait COVID-19,” kata Deden.

Memenuhi anjuran pemerintah, Laznas BSMU menerapkan physical distancing dalam seremonial penyerahan bantuan. Hal ini bertujuan memutus rantai penularan COVID-19.

Hadir dalam penyerahan donasi, Ketua Panitia Sentra Vaksin Dewi A Margono, Wakil Direktur (RSKGM) FKG UI Natalina, Direktur Bidang Pendidikan RSKGM FKGUI Shalina Ricardo, RCEO Jakarta 1 dan 2 Bank Syariah Indonesia Deden Durachman, Manager Laznas BSMU Kantor Wilayah Jakarta Lucky Firmansyah, dan Manager BSMU Care Laznas BSMU Dedi Setiawan.

Baca juga: Penerima vaksin COVID-19 dosis lengkap mencapai 51.113.360 orang

Sampai Agustus 2021, penyaluran Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) Laznas BSMU sebesar Rp46,4 miliar. Khusus untuk bantuan terkait COVID-19, sejak awal Juli 2021 sampai 20 September 2021, total bantuan yang disalurkan sebesar Rp1,56 miliar.

Laznas BSMU bekerja sama dengan BSI dalam kegiatan bantuan terkait COVID-19. Dari Juli 2021, Laznas aktif menggelar sentra vaksinasi bekerja sama dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Selain itu, Laznas BSMU juga memberikan bantuan tabung oksigen ke sejumlah rumah sakit di antaranya RS Harapan Bunda Jakarta Timur, Radjak Hospital Salemba, RS Kartika Pulomas, Primaya Hospital Bekasi Utara dan Primaya Hospital Bekasi Barat.

Ke depan, Laznas BSMU beserta BSI akan memberikan 500 tabung oksigen yang akan didistribusikan kepada rumah sakit di seluruh Indonesia sebagai langkah nyata membantu bangsa Indonesia dalam melewati masa pandemi.

Laznas BSMU juga menyalurkan bantuan beras dari para nasabah BSI dan para donatur kepada warga yang terdampak corona. Penyaluran bekerja sama dengan Yayasan Nurul Falah yang berada di Bekasi Jawa Barat.

Bantuan yang diberikan sebanyak 2.5 ton beras atau setara 500 karung beras dengan ukuran 5kg. Paket beras akan didistribusikan kepada masyarakat Jawa Barat diantaranya Kabupaten Karawang, Purwakarta, dan Bekasi yang merupakan wilayah zona penyebaran COVID-19.

Selama Oktober 2020 sampai Juni 2021, Laznas BSMU juga menyalurkan bantuan paket sembako, dan pendampingan dokter selama Isoman kepada 76 penerima manfaat. Peran aktif Laznas BSMU dalam penanggulangan COVID-19 masih terus berjalan.

Distribusi penerima manfaat akan diluaskan menjadi seluruh Indonesia dengan bekerja sama dengan Unit Representative Office di 8 wilayah, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin dan Makassar.

Baca juga: Satgas: Prokes ketat modal masyarakat lakukan kegiatan sosial ekonomi

Baca juga: Cakupan vaksinasi COVID-19 Indonesia hampir 3 kali populasi Malaysia

Baca juga: Waspada varian Mu agar tidak masuk ke Indonesia

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait