LG garap layar lipat baru, diklaim kuat dan fleksibel

  • Whatsapp

LG sedang mengerjakan material baru untuk layar lipat yang diklaim sekeras kaca dan sefleksibel plastik.

LG mengumumkan sedang mengembangkan material layar lipat baru. Perusahaan mengklaim, material tersebut akan menjadikan permukaan layar sekeras kaca dan bagian lipat sefleksibel plastik, seperti dilaporkan oleh Digital Trends (8/9).

Disebut “Real Folding Window,” material baru ini dapat merevolusi layar ponsel cerdas yang fleksibel, menghadirkan solusi untuk masalah kerutan yang ada di setiap smartphone lipat saat ini. Teknologi baru ini juga memungkinkan teknik lipat ke dalam maupun ke luar, sehingga menjadi prospek yang menarik yang dapat mengarah ke inovasi desain baru.

LG mendeskripsikan, teknologi tersebut melibatkan penerapan lapisan tipis “bahan baru” ke kedua sisi film PET – sejenis plastik tipis – yang kemudian ditempatkan pada panel layar fleksibel. 

“(Teknologi pelapisan baru LG) akan memaksimalkan fleksibilitas, sementara juga memberikan solusi yang dioptimalkan untuk ponsel yang dapat dilipat seperti membuat perbaikan pada masalah kronis bekas lipatan pada bagian penghubung layar,” kata juru bicara LG.

Perusahaan berencana untuk menghadirkan layar ini ke pabrikan smartphone mulai 2023. Tidak hanya itu, mereka juga akan menawarkan tablet dan laptop dengan teknologi yang sama di masa mendatang. Juru bicara LG menambahkan, sudah menerima banyak minat klien, namun tidak menyebutkan nama mereka.

Sementara LG telah berhenti membuat smartphone sendiri, perusahaan jelas melihat nilai yang besar dalam mengejar pengembangan komponen handset untuk perusahaan lain dalam industri. Sejalan dengan itu, data dari perusahaan riset Omdia menunjukkan bahwa pasar smartphone lipat global akan tumbuh dari 3,5 juta unit pada tahun 2020 menjadi 50 juta pada 2026.

Pos terkait