Lini bisnis GPU AMD terus meroket

  • Whatsapp

Untuk kelima kalinya secara berturut-turut, lini bisnis grafis AMD meningkat per kuartal dengan lini chip custom dan industri memiliki penjualan tertinggi.

Bisnis grafis AMD selama satu tahun ini dilaporkan sedang panas-panasnya. Hal ini dikarenakan selama satu tahun terakhir ini, mereka mengalami peningkatan pendapatan yang stabil.

Hal ini mereka ungkapkan dalam acara laporan pendapatan yang dilakukan beberapa waktu lalu. Mereka mengatakan, selama Q3 2021, mereka telah memperoleh laba penjualan bersih sebesar USD4,3 miliar, atau meningkat 54% YoY atau 12% dari kuartal sebelumnya.

Ini menjadi peningkatan kuartal kelima secara berturut-turut yang dialami oleh AMD. Ada beberapa alasan mengapa mereka berhasil meningkatkan pendapatan bisnis GPU mereka, baik dari sisi gaming atau industri

Wccftech (27/10) melaporkan bahwa peningkatan ini terjadi karena penjualan tingginya permintaan atas kartu grafis tingkat pusat data serta chip desain khusus. Hal ini wajar mengingat Sony dan Microsoft baru meluncurkan konsol gaming baru belum lama ini.

Meski demikian, AMD mengatakan bahwa kontributor utama pertumbuhan pendapatan mereka berasal dari segmen Enterprise, Embedded dan Semi-custom perusahaan. Ketiga barang ini biasanya merupakan pesanan dari pelanggan korporat. 

Segmen ini, yang termasuk produk pusat data dan sistem-on-chip untuk konsol game, meraup pendapatan USD1,9 miliar pada Q3 2021. Pendapatan untuk lini bisnis tersebut pun sebesar 64% YoY.

Tak ketinggalan, mereka juga mengatakan bahwa di Q3 2021 ini berhasil membeli kembali saham mereka sebesar USD750 juta. Untuk kuartal saat ini, AMD yakin dapat menarik pendapatan setidaknya USD4,4 miliar, dengan margin kotor 49,5%.

Pos terkait