Malaikat Jibril: Aku Diberi Kecintaan terhadap Tiga Perkara di Dunia

  • Whatsapp

Eramuslim.com – Tersebutlah riwayat yang dikutip oleh Kiyai Haji M Luqman Hakim dalam Majalah Cahaya Sufi edisi 95 tahun 2016. Ialah majlis mulia yang dihadiri oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq, sayyidina ‘Umar bin Khaththab, sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan, sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhum.

Dalam riwayat yang dibawakan oleh sahabat mulia Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu ‘anhu ini, manusia-manusia paling mulia sejagat saling menyampaikan tiga hal yang menjadi kecintaan mereka di dunia ini.

Setelah lima manusia mulia itu menyebutkan masing-masing kecintaannya, datanglah Malaikat Jibril ‘Alaihis salam. Imamnya para malaikat ini turut bertutur, “Aku diberi kecintaan terhadap tiga perkara di dunia ini,

Menyampaikan Risalah

Malaikat Jibril ‘Alaihis salam ditugaskan oleh Allah Ta’ala untuk menyampaikan wahyu kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, baik berupa Kalam-Nya (al-Qur’an al-Karim) maupun hadits qudsi.

Lantaran tugas tersebut, ulama juga berpendapat bahwa malaikat Jibril ‘Alaihis salam merupakan salah satu guru Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Sebab melalui perantaranya, Rasulullah bisa mengakses apa yang Allah Ta’ala perintahkan dalam Firman-firman-Nya.

Menyampaikan Amanah

Malaikat Jibril ‘Alaihis salam tidak pernah berbohong. Dia menyampaikan amanah dari Allah Ta’ala kepada siapa pun yang Dia kehendaki.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Pos terkait