Manfaat Minyak Cengkeh untuk Cegah Infeksi dan Detoks

  • Whatsapp

manfaat minyak cengkeh
Segudang manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan tak sekedar sebagai rempah. Herbal khas Nusantara ini ternyata juga banyak khasiatnya untuk meredakan dan mengatasi berbagai penyakit. Termasuk sebagai detoks tubuh yang ampuh.

Cengkeh adalah tanaman yang satu famili dengan pohon Myrtaceae. Orang biasanya mengeringkan rempah ini untuk memprosesnya menjadi rempah yang sangat berharga. Herbal ini juga berguna untuk penambah cita rasa rokok tradisional.

Penggunaan cengkeh untuk rokok maupun rempah sudah cukup umum bagi masyarakat kita. Selain itu, cengkeh juga bisa kita olah menjadi minyak herbal yang sangat banyak kegunaannya untuk kesehatan.

Namun, walau punya banyak manfaat, penggunaan minyak cengkeh pun tak boleh sembarangan. Jika akan mengonsumsi, minyak cengkeh harus terlebih dahulu kita encerkan karena kandungannya yang sangat kuat.

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan

Minyak cengkeh memiliki senyawa aktif dan berbagai kandungan yang sangat baik untuk manusia. Nah, berikut ini berbagai manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Baca Juga : Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Bisa Atasi Ejakulasi Dini Lho

Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan kandungan fluoride yang cukup banyak, minyak cengkeh sangat berkhasiat dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan organisme penyebab gigi berlubang.

Molekul aktif dalam herbal ini juga dapat membantu mencegah erosi pada gigi sehingga gigi tidak mudah keropos.

Untuk mendapatkan manfaat ini bagi kesehatan gigi Anda, cara memanfaatkan minyak cengkeh cukup mudah. Anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur atau untuk tambahan pada pasta gigi yang Anda gunakan.

Mengatasi Sakit Gigi, Sariawan dan Infeksi Mulut

Manfaat minyak cengkeh karena rempah ini memiliki kandungan bahan aktif berupa eugenol. Bahan ini berkhasiat sebagai penghilang atau pereda sakit gigi.

Masyarakat telah mempercaya dan menggunakan minyak cengkeh selama berabad-abad. Hal ini karena kandungan bahan aktif eugenol merupakan anestesi alami yang dapat membantu meringankan sakit gigi.

Baca Juga : Obat Sakit Gigi Ampuh dari Bahan-bahan Alami dan Sudah Teruji

Eugenol juga merupakan zat anti inflamasi yang sangat berkhasiat untuk membantu mengurangi terjadinya edema, atau pembengkakan serta iritasi pada mulut.

Sariawan maupun infeksi mulut bisa kita atasi dengan cara mengencerkan minyak cengkeh. Kemudian tambahkan dengan sedikit madu. Setelah itu, campuran herbal ini bisa kita oleskan untuk mengatasi sariawan atau infeksi mulut.

Mencegah Terjadinya Infeksi

Kandungan antiseptik yang terdapat dalam minyak cengkeh sangat berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi infeksi. Baik infeksi yang terjadi karena jamur, gigitan serangga atau sengatan.

Untuk mendapatkan manfaat minyak cengkeh ini Anda bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang terluka, atau terinfeksi secara rutin. Namun ingat, minyak cengkeh untuk mengatasi infeksi dapat menimbulkan rasa sakit pada area yang kita obati.

Oleh sebab itu, jika Anda mengobati infeksi dengan minyak cengkeh, jika merasa lukanya terlalu sakit sebaiknya campurkan dengan bahan lain. Seperti minyak almond, minyak kelapa atau cairan lain agar tidak terlalu kuat.

Baca Juga : Herbal Sakit Kepala dan Mual yang Aman, Praktis, dan Efektif

Membantu Meringankan Sakit Kepala

Minyak cengkeh juga mengandung flavonoid yang sangat berguna dalam meredakan sakit kepala atau migrain. Jika mengalami sakit kepala atau migrain, Anda tidak perlu mengonsumsi minyak cengkeh dengan cara diminum.

Melainkan Anda bisa memijat kepala Anda, area sekitar mata dan area pelipis dengan minyak cengkeh. Hal ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah di otak dan kepala sehingga dapat meringankan sakit kepala yang Anda rasakan.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Selain terdapat kandungan eugenol yang tinggi, manfaat minyak cengkeh juga karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam herbal ini.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak cengkeh ini bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas berpotensi menyerang tubuh dan mengakibatkan berbagai penyakit seperti kanker atau yang lainnya.

Membantu Detoks Tubuh

Minyak cengkeh adalah herbal yang dapat membantu mengurangi kadar racun dalam darah, serta membangkitkan kadar antioksidan dalam tubuh. Dengan kandungan tersebut, minyak cengkeh dapat bertindak sebagai zat pembersih darah dengan cara meningkatkan sirkulasi darah.

Efek ini sangat berkhasiat dalam membantu menghilangkan racun dalam darah, memurnikan kadar trombosit di dalam darah serta membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Itulah berbagai manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan yang mungkin banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Dengan kandungannya, herbal ini bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan, khususnya menangkal penyakit. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

Pos terkait