MediaTek dan Micron resmikan validasi RAM LPDDR5X

  • Whatsapp

Dalam sebuah pengumuman terbaru, MediaTek dan Micron secara resmi umumkan validasi RAM LPDDR5X di platform mereka.

Micron dan MediaTek baru saja mengumumkan validasi RAM generasi selanjutnya. Mereka dikabarkan telah melakukan validasi terhadap DRAM low-power double data rate 5X  atau disingkat menjadi LPDDR5X.

Untuk melakukan validasi ini, mereka menggunakan SoC terbaru dari MediaTek, yakni Dimensity 900 5G. Dipilihnya SoC ini karena RAM LPDDR5X dirancang untuk ponsel pintar kelas atas dan unggulan. 

Micron LPDDR5X memungkinkan ekosistem ponsel pintar untuk membuka gelombang berikutnya dari aplikasi intensif data yang didukung teknologi Artificial Intelligence (AI) dan inovasi 5G.

Kecepatan dari RAM ini pun tak main-main, karena dapat mendukung kecepatan data hingga 7,5 Gb/s dengan sampel yang mendukung kecepatan data hingga 8,533 Gb/s. Kecepatan puncak LPDDR5X adalah sebesar 8,533 Gb/dtk, dimana menghasilkan performa hingga 33% lebih cepat daripada LPDDR5 generasi sebelumnya.

“Kolaborasi kami dengan MediaTek bertujuan untuk memvalidasi memori seluler tercanggih di dunia, memberdayakan ekosistem untuk menghadirkan berbagai fitur seluler kaya berikutnya, yang ditingkatkan oleh 5G dan AI,” kata senior vice president and general manager of Micron’s Mobile Business Unit, Raj Talluri dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (21/11).

Di sisi lain, MediaTek sangat bersemangat untuk dapat menggunakan teknologi generasi terbaru ini. “Dengan memori selulernya yang super cepat, LPDDR5X Micron memenuhi tantangan ini untuk perangkat kelas unggulan,” ujar corporate vice president dan general manager Divisi Wireless Communications Business Unit di MediaTek, JC Hsu.

“Dimensity 9000 akan menjadi yang pertama mendukung kemajuan penting LPDDR5X ini, memberi operator dan pembuat perangkat kemampuan yang mereka butuhkan untuk menghadirkan pengalaman 5G yang luar biasa di tingkat unggulan.” 

Pos terkait