MediaTek Pentonic 2000 hadir untuk TV 8K 120 Hz terbaru

  • Whatsapp

Ada juga APU MediaTek yang secara pintar meningkatkan konten beresolusi rendah sembari melakukan peningkatan kualitas secara real-time.

MediaTek baru saja mengumumkan keluarga prosesor televisi pintar (smart TV) Pentonic baru lewat chipset Pentonic 2000. Prosesor ini dibangun di atas teknologi inovatif MediaTek dalam layar, audio, AI, sistem penyiaran, dan konektivitas. Ini akan mentenagai TV 8K flagship generasi baru.

Pentonic 2000 dikatakan sebagai chip TV komersial pertama di dunia yang dibuat menggunakan proses N7 (kelas 7 nm) TSMC, memberikan performa dan efisiensi tingkat tinggi. Selain mendukung tampilan 8K 120 Hz, prosesor ini juga bahkan dapat mendukung PC gaming 144 Hz dan konsol generasi terbaru.

Tidak ketinggalan pula dukungan untuk MEMC agar gerakan terlihat mulus. Ada juga APU MediaTek yang secara pintar meningkatkan konten beresolusi rendah sembari melakukan peningkatan kualitas secara real-time. Bahkan ada dukungan untuk teknologi MediaTek Intelligent View yang memungkinkan fungsi picture-in-picture (PiP) atau picture-by-picture (PbP).

Dilansir dari Gizmochina (22/11), MediaTek mengklaim chip tersebut memiliki CPU dan GPU tercepat di industri TV, diperkuat oleh bus memori ultra-lebar dan penyimpanan USF 3.1 ultra cepat. Chip ini dipasangkan dengan Wi-Fi 6E MediaTek atau bahkan modem seluler 5G untuk menyediakan konektivitas internet nirkabel cepat untuk streaming konten 8K.

MediaTek Pentonic 2000 juga merupakan chip TV 8K komersial pertama dengan dukungan media Versatile Video Coding (VVC) H.226, yang menawarkan peningkatan efisiensi kompresi. Ini dilengkapi dengan dukungan untuk teknologi gambar dan audio terbaru Dolby demi memberikan pengalaman sinematik melalui Dolby Vision dan Dolby Atmos. Chipset ini diperkirakan meluncur secara global tahun depan.

Pos terkait