Mengenal nat keramik dan fungsinya untuk estetika hunian

  • Whatsapp

Jakarta (ANTARA) – Nat keramik merupakan celah sambungan antara ubin yang biasanya diisi dengan semen atau mortar instan sebagai perekat maupun menambah nilai estetika ruangan.

Orang awam biasanya memakai nat ubin yang terbuat dari semen dicampur pasir dengan hasil berwarna abu-abu, namun saat ini sudah tersedia opsi nat ubin berwarna untuk menyesuaikan dengan corak keramik pada lantai.

Baca juga: Lima inspirasi “home office” warna pastel yang bikin betah saat WFH

Namun, menggunakan semen berwarna juga menimbulkan masalah kualitas, misalnya sambungan yang mudah lepas dan menciptakan celah yang membuat kotoran hingga serangga bersarang di celah ubin.

Selain itu, masalah yang sering ditemukan pada pengisi nat adalah ketahanannya terhadap kandungan asam dari cairan pembersih lantai yang biasanya digunakan di kamar mandi dan dapur.

Untuk itu, Aquaproof meluncurkan produk pengisi nat Supergrout A+ yang memiliki ketahanan terhadap cairan pembersih dan bahan kimia lainnya, sehingga nat tidak mudah terkikis dan retak, terutama pada area kamar mandi dan dapur.

Aquaproof dalam siaran pers, Rabu, menyebutkan bahwa Supergrout A+ memakai Polymerized Acid Resistant Technology yang memiliki daya lekat kuat, warna tahan lama, mudah dibersihkan, tahan jamur dan lumut, tidak menyusut serta tersedia dalam tujuh pilihan warna.

Baca juga: Kiat ciptakan ruang multifungsi

Supergrout A+ (HO)

Aquaproof melakukan pengujian dengan beberapa cairan seperti HCl 3 persen, asam sitrat, natrium bisulfat, asam cuka, soda api, minuman berkarbonasi dibandingkan nat tahan asam sejenis dan pengisi nat biasa.

Pengujian ekstrem juga dilakukan menggunakan cairan pembersih HCl 20 persen. Hasilnya setelah 1 jam, kondisi nat Supergrout A+ sangat baik, sedangkan nat tahan asam sejenis mengalami reaksi yang ditandai perubahan warna menjadi hijau pada bagian yang terendam dan pengisi nat biasa mengalami pengikisan.

Baca juga: Warna putih jadi tren produk rumah tangga selama pandemi COVID-19

Langkah perbaikan

Anda bisa melakukan langkah pencegahan kerusakan ubin lain dengan memperhatikan bahan–bahan pemasangan ubin, mulai dari semen perekat berkualitas dan semen pengisi nat ubin Supergrout A+ pada instalasi ubin baru.

Pertimbangkan juga penggunaan superfix Thin Set Technology guna merekatkan ubin lebih kuat meskipun lapisan yang digunakan hanya 2-3 mm. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah warna pengisi nat yang diselaraskan dengan warna atau tekstur ubin dan banyaknya pemakaian Supergrout A+ tergantung dari ukuran ubin dan lebar nat.

Mencegah tentunya lebih mudah daripada memperbaiki. Namun apabila sudah terlanjur terjadi kerusakan pada ubin, Anda bisa melakukan hal berikut:

– Bersihkan celah pada nat ubin, pastikan bersih dari sisa kotoran seperti debu dan sisa semen
– Aduk Supergrout A+ dengan air 3:1 hingga merata
– Tuangkan adukan Supergrout A+ dan paksakan masuk ke bagian dalam nat menggunakan roskam karet
– Tunggu hingga pengisi nat Supergrout A+ kering
– Bersihkan sisa Supergrout A+ menggunakan lap basah
– Rapikan menggunakan grout finisher

Baca juga: Tips dekorasi ruangan agar lebih meriah sambut Ramadhan

Baca juga: KANA Furniture buka gerai baru berkonsep hemat energi

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pos terkait