Mobil listrik ini punya jarak tempuh 1.000 km

  • Whatsapp

Jarak berkendara yang jauh tersebut berkat kapasitas baterainya yang besar, dengan 144,4 kWh pada model kelas atas.

Perusahaan otomotif asal Tiongkok GAC Group baru-baru ini meluncurkan kendaraan listrik terbarunya lewat merek Aion. Mobil ini adalah SUV yang disebut Aion LX Plus, diklaim menawarkan jangkauan hingga 1.008 km.

Berita itu datang dari siklus uji kendaraan tugas ringan Tiongkok (CLTC), sebagaimana laporan dari CarScoops. SUV listrik mendatang ini baru saja dipamerkan selama Guangzhou Auto Show 2021 dan merupakan versi perbaikan dari GAC Aion LX yang diumumkan pada tahun 2019. Selanjutnya, kendaraan tersebut sekarang akan ditempatkan di antara SUV Aion V Plus yang lebih kecil dan bahkan Aion S Plus Sedan.

Perlu diingat bahwa CLTC adalah standar yang berbeda dari WLTP Eropa atau EPA AS. Meski demikian, jangkauan operasionalnya lebih dari 1.000 km masih merupakan prestasi yang spektakuler. Bahkan ini lebih membanggakan mengingat kendaraan itu adalah SUV.

Dilansir dari Gizmochina (24/11), jarak yang jauh tersebut berkat kapasitas baterainya yang besar, dengan 144,4 kWh pada model kelas atas. Baterai ini dibuat dengan teknologi GAC dengan lembaran elastis yang juga membuatnya 20% lebih kecil dan 14% lebih ringan dari baterai konvensional. Bahkan menawarkan kepadatan energi 205 Wh/kg.

Berbicara seputar spesifikasi kendaraan, Aion LX Plus memiliki motor listrik ganda yang menghasilkan 225 hp yang ditransmisikan ke empat roda melalui gearbox dua kecepatan. Melalui ini, LX Plus mampu mencapai 0 hingga 100 kmh hanya dalam 2,9 detik. Sayangnya belum ada informasi harga untuk mobil listrik ini.

Pos terkait