Modal pembuatan iPhone 13 Pro hanya 8,2 juta

  • Whatsapp

iPhone 13 Pro hadir dengan RAM LPDDR4X 6 GB. Ini sedikit agak lawas sebagai varian memori ponsel terkini, karena LPDDR5 sudah tersedia.

Bulan lalu Apple meluncurkan seri iPhone terbarunya, yakni iPhone 13 yang banyak diminati. Perusahaan juga dikabarkan memperpanjang tanggal pengiriman untuk pesanan baru dari akhir September hingga minggu terakhir Oktober.

Jajaran iPhone 13 Pro hadir dengan spesifikasi yang ditingkatkan, dan orang-orang di TechInsights telah membongkar model dengan penyimpanan internal 256 GB untuk melihat komponen dalamnya. Ini mengungkapkan beberapa informasi menarik tentang perangkat itu.

Dilansir dari Gizmochina (4/10), informasi yang dibagikan oleh tim mengungkapkan bahwa iPhone 13 Pro hadir dengan RAM LPDDR4X 6 GB. Versi ini sedikit agak lawas sebagai varian memori ponsel terkini, karena LPDDR5 sudah tersedia.

Selain itu, terungkap juga bahwa GPU pada iPhone 13 dan iPhone 13 Pro tampaknya sama, kecuali untuk jumlah inti, Model standar dilaporkan memiliki GPU 4 inti sedangkan model Pro hadir dengan GPU 5 inti. Ini adalah pendekatan serupa yang diambil Apple dengan perangkat Mac bertenaga M1 barunya di mana model berbiaya rendah memiliki GPU 7 inti sedangkan model yang lebih mahal mengemas GPU 8 inti.

Pembongkaran ini juga mengungkapkan bahwa iPhone 13 memiliki kamera lebar 1,7 mikrometer, yang berarti memiliki ukuran piksel lebih besar daripada iPhone 12 dengan ukuran piksel 1,4 mikrometer. Di sisi lain, model Pro menawarkan kamera lebar dengan ukuran piksel 1,9 mikrometer, naik dari ukuran piksel 1,4 mikrometer dari pendahulunya.

Apple menggunakan chipset-nya sendiri, termasuk A15, Audio Codec, dan Audio Amplifier. Komponen lainnya berasal dari pemasok seperti Qualcomm, KIOXIA, NXP, STMicroelectronics, USI, Qorvo, dan Broadcom.

Biaya untuk komponen iPhone 13 Pro mencapai USD570 (Rp8,2 juta), lebih tinggi dari biaya yang membebani Apple untuk membuat iPhone 12 Pro senilai USD548 (Rp7,8 juta). Kenaikan harga ini disebabkan oleh chip yang lebih mahal, memori NAND, dan subsistem layar, serta peningkatan biaya material bodi. Perlu diingat bahwa harga ini belum termasuk biaya lain seperti software, tenaga kerja, pengiriman, dan lain-lain.

Saat ini, model penyimpanan Apple iPhone 13 Pro 256 tersedia untuk dibeli dengan harga USD1.099 (Rp15,7 juta). Ini berarti Apple menjualnya dengan harga 1,9 kali lipat dari biaya pembuatan ponsel.

Pos terkait