Pemerintah Diminta Lobi Arab Saudi untuk Dapat Tambahan Kuota Haji

  • Whatsapp

TEMPO.CO, Jakarta – Dewan Silaturahmi Haji dan Umrah Indonesia (SAHI) mendorong pemerintah melalui Kementerian Agama melobi Arab Saudi agar mendapat tambahan kuota haji untuk pemberangkatan selanjutnya.

“DPP SAHI mendorong agar pemerintah melakukan komunikasi intensif kepada Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dan Organisasi Konferensi Islam untuk memperoleh tambahan kuota haji pada musim haji berikutnya setelah berakhirnya Pandemi Covid-19,” ujar Ketua Umum DPP SAHI Abdul Khalid Ahmad dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 5 Juni 2021.

Pernyataan itu disampaikan Abdul merespon batalnya pemberangkatan haji 1442 Hijriah/2021 Masehi imbas dari belum berakhirnya pandemi Covid-19 serta tak adanya kepastian dari otoritas Arab Saudi soal penyelenggaraan haji.

Menurutnya, lobi untuk mendapatkan tambahan kuota haji ini sebagai upaya dalam mengatasi daftar tunggu calon jamaah haji yang semakin panjang dan lama.

Ia mengatakan saat ini telah mencapai lebih dari lima juta orang yang mengantre dengan rata-rata masa tunggu lebih dari 21 tahun. Dengan dibatalkannya pemberangkatan haji tahun ini otomatis semakin memperpanjang daftar tunggu.

Pos terkait